Ada yang Tahu Nggak Apa Itu Angel Investor?

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
19 August 2022 15:10
investor lokal Foto: Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Berdiri dan berkembangnya sebuah perusahaan rintisan atau startup tak lepas dari dukungan investor. Selain dari perusahaan investasi, ada juga pemberi dana dari individu yang dikenal dengan istilah angel investor.

Angel investor adalah individu dengan kekayaan bersih yang memberi dukungan keuangan untuk perusahaan startup, biasanya dengan imbalan kepemilikan saham di perusahaan. Dana yang diberikan oleh angel investor mungkin merupakan investasi satu kali tanah atau suntikan berkelanjutan untuk mendukung dan membawa perusahaan melalui tahap awal yang sulit.

Biasanya seorang angle investor akan memilih perusahaan dengan harapan tingkat pengembalian yang tinggi melebihi investasi pada umumnya. Angel investor juga biasa disebut investor informal, angel funder, investor swasta, seed investor atau malaikat bisnis.Beberapa investor malaikat berinvestasi melalui platform crowdfunding online atau membangun jaringan investor untuk mengumpulkan modal bersama.


Faktanya, istilah "angel" berasal dari teater broadway saat orang kaya memberikan uang untuk mendorong produksi teater. Kemudian istilah angel investor pertama kali digunakan oleh William Wetzel dari Universitas New Hampshire, pendiri Center for Venture Research.Wetzel sendiri membuat penelitian tentang bagaimana pengusaha mengumpulkan modal. Meskipun tidak ada kualifikasi khusus untuk menjadi seorang angel investor, namun umumnya para angel investor telah memperoleh status "akreditasi".

Komisi Sekuritas dan Bursa di Wall Street (SEC) mendefinisikan "investor terakreditasi" sebagai orang dengan aset sebesar US$1 juta atau lebih (tidak termasuk tempat tinggal pribadi). Bisa juga telah memperoleh penghasilan US$200.000 selama dua tahun sebelumnya atau memiliki gabungan penghasilan US$300.000 untuk pasangan yang sudah menikah.Sebaliknya, menjadi investor terakreditasi tidak identik dengan menjadi angel investor.

Angel investor kawakan mencari peluang untuk exit strategy saat terjadi akuisisi atau penawaran umum perdana (IPO). Biasanya tingkat pengembalian yang efektif untuk portfolio bagi angel investor adalah sekitar 22%. Meskipun terlihat besar bagi investor dan merugikan perusahaan startup. Namun, ini merupakan yang terbaik. Sebab bank biasanya tidak mau memberikan pinjaman. Oleh sebab itu angel investor dianggap "malaikat" bagi perusahaan startup yang baru lahir.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Tertarik Investasi di RI, Siap Bertemu Jokowi


(ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading