Harga Emas Naik Nih, Tipis Sih...

Market - Maesaroh, CNBC Indonesia
18 August 2022 07:54
Emas batangan Foto: Zlaťáky.cz/Pexels

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas mulai bersinar. Pada perdagangan Kamis (18/8/2022) pukul 06:30 WIB, harga emas dunia di pasar spot berada di US$ 1.763,49 per troy ons. Naik 0,14%.

Penguatan emas hari ini memutus kinerja negatif emas yang sudah berlangsung sejak awal pekan ini. Pada Rabu (17/8/2022), harga emas menyusut 0,82% per troy ons.

Dalam sepekan, harga emas masih melemah 1,45% secara point to point. Walau dalam sebulan harga masih meningkat 3,2%.


Analis StoneX Rhona O'Connell mengatakan penguatan emas disebabkan semakin jelasnya arah pergerakan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) setelah keluarnya risalah pertemuan the Federal Open Market Committee (FOMC). The Fed memang menegaskan sikapnya untuk tidak mengendurkan kebijakan agresifnya. Namun, hal itu diperkirakan pelaku pasar emas. 

Risalah tersebut juga menunjukkan jika pejabat The Fed belum melihat sinyal kuat dari pelemahan inflasi meskipun inflasi sudah melandai ke 8,5% (year on year/yoy) pada Juli, dari 9,1% (Juni).

Dalam risalah yang keluar pada Kamis dini hari waktu Indonesia, the Fed tidak memberi petunjuk khusus berapa mereka akan menaikkan suku bunga dalam pertemuan September mendatang. The Fed hanya mengatakan jika mereka akan tetap memonitor dengan dekat data-data ekonomi sebelum membuat kebijakan.

"The Fed telah memberikan sinyal-sinyal tersebut tiga minggu lalu. Tidak ada yang berubah, risalah itu hanya menekankan saja," tutur O'Connell, kepada Reuters.

Kebijakan the Fed yang agresif pada Mei-Juli lalu membuat emas jatuh dari level psikologisnya US$ 1.800 per troy ons.

"Pelaku pasar emas melihat risalah the Fed lebih dovish dari yang mereka duga dan ini membuat harga emas naik," tutur analis Standard Chartered Suki Cooper.

TIM RISET CNBC INDONESIA



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dolar Berjaya, Emas Makin Tidak Berdaya


(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading