Emtek Rajin Obral Aset, Sedang Butuh Duit?

Market - aaf, CNBC Indonesia
11 August 2022 15:25
Eddy Sariaatmadja (Foto: Forbes) Foto: Eddy Sariaatmadja (Foto: Forbes)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang dimiliki oleh taipan keluarga Sariaatmadja mengumumkan penjualan DANA ke Lazada. ini bukan kali pertama konglomerasi bisnis ini merombak portofolio bisnis.

EMTK didirikan pada 1983 dan telah beroperasi sejak 1984. EMTK memiliki bisnis di berbagai sektor termasuk di bidang media digital, infrastruktur dan jasa informasi & komunikasi, perbankan, serta kesehatan.

Namun, pada tahun lalu, Direktur Utama EMTK Alvin Satriaatmaja mengatakan bahwa perusahaanya memiliki visi ke depan untuk berfokus pada dua sektor bisnis. Keduanya adalah, yakni sektor teknologi dan kesehatan.


Strategi EMTK untuk fokus pada dua sektor tersebut kian terlihat. Ini tercermin lewat aksi korporasi yang digencarkan perseroan hingga saat ini.

Sejauh ini, kiprah EMTK di sektor teknologi cukup luas. Dari pemegang saham e-commerce PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan PT Vidio Dot Com (Vidio), serta mejadi salah satu investor start up unicorn Grab.

Namun, perjalanan EMTK tidak selalu berjalan mulus. EMTK sudah beberapa kali menjajal sejumlah peruntungan, dari mengambil alih layanan chat BBM pada 2016 dan kemudian menghentikan operasional layanan chatting tersebut pada 2019.

EMTK juga sempat berinvestasi di PropertyGuru, yang merupakan perusahaan periklan properti berbasis internet. Namun, kembali melepasnya pada 2020.

Pada 2021, PT Kreatif Media Karya (KMK) yang merupakan anak usaha Grup Emtek, melepas seluruh saham PT Medika Komunika Teknologi (MKT), pemilik layanan telemedis Klikdokter kepada PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) lewat anak usahanya PT Karsa Lintas Buwana.

Selain itu, pada tahun yang sama, EMTK juga masuk bisnis rumah sakit melalui PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) yang juga merupakan anak usahanya.

Saham yang ditransaksikan sebanyak 1.254.899 lembar saham dengan total nilai nominal sebesar Rp1,25 triliun. Adapun nilai transaksi dalam aksi korporasi tersebut sebesar Rp1,35 triliun.

Teranyar, EMTK kembali melepas kepemilikan sahamnya. Melansir keterbukaan informasi yang disampaikan EMTK ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 Agustus 2022, EMTK melalui anak usahanya PT Kreatif Media Karya (KMK) resmi melepas sebagian kepemilikan saham PT Elang Andalan Nusantara (EAN), pemilik aplikasi DANA kepada Lazada.

Nilai transaksi penjualan tersebut mencapai US$ 304,5 juta atau setara Rp 4,51 triliun (asumsi kurs Rp 14.875/US$).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wow! Laba Bersih EMTK Tumbuh 174,9% Sepanjang 2021


(aaf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading