Wih! Toyota Mau Investasi Mobil Listrik Rp 27 T di RI

Market - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
27 July 2022 19:35
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation dalam pertemuan dengan Menko Airlangga di Tokyo, Jepang (26/07). (Dok: Kemenko) Foto: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation dalam pertemuan dengan Menko Airlangga di Tokyo, Jepang (26/07). (Dok: Kemenko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa otomotif Jepang Toyota berencana melakukan berinvestasi US$ 1,8 miliar atau setara Rp 27 triliun di Indonesia untuk pembuatan kendaraan listrik (EV) dalam lima tahun mendatang

Mengutip Reuters, hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia menyebut Toyota telah menginvestasikan Rp 14 triliun di RI sejak 2019.


"Saya yakin permintaan EV baik roda empat maupun roda dua akan terus meningkat di Indonesia dan ASEAN," kata Airlangga usai bertemu dengan Wakil Ketua Toyota Shigeru Hayakawa di Tokyo, Rabu (27/7/2022).

Indonesia sendiri telah menyatakan minat untuk menjadi pusat global untuk memproduksi dan mengekspor EV. Ini ditandai dengan banyaknya pasokan bijih nikel laterit yang digunakan untuk baterai lithium EV.

Sejauh ini, beberapa perusahaan global lainnya telah mengumumkan investasi besar di Indonesia dalam bidang EV seperti Hyundai Motor Group dan LG Energy Solutions.

"Kami berharap dengan tambahan investasi ini, pemerintah Indonesia memahami keseriusan kami untuk berinvestasi di EV," kata Hayawaka seperti dikutip dari Toyota dalam pernyataannya.

Selain Toyota, raksasa Jepang lainnya Mitsubishi juga berencana untuk menginvestasikan sekitar Rp 10 triliun di Indonesia antara tahun 2022 dan 2025 untuk memproduksi EV hybrid dan baterai.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Nikel Melonjak, Gimana Nasib Mobil Listrik RI?


(tps/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading