Pak Jokowi, Help! Elon Musk Dilarang Investasi di RI Nih...

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
26 July 2022 16:50
Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris) Foto: Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) termasuk Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan Friends of the Earth Amerika Serikat, telah mengirimkan surat terbuka kepada Elon Musk. Ini dalam rangka mendesak pimpinan Tesla Inc untuk tidak berinvestasi di industri nikel Indonesia karena masalah lingkungan.

Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan Widodo ingin mengembangkan industri kendaraan listrik berbasis nikel di dalam negeri.Pemerintah melarang ekspor bijih nikel yang belum diolah mulai tahun 2020 untuk menjamin pasokan bagi investor. Namun, para pemerhati lingkungan khawatir bahwa proses tersebut akan melibatkan pembuangan limbah pertambangan ke laut.

Organisasi nirlaba itu mengatakan bahwa kerusakan lingkungan akibat dari total luas hutan yang dikonversi menjadi pertambangan nikel, menyebabkan peningkatan deforestasi dan ancaman pencemaran air di sungai, danau, dan pantai.


Mereka merekomendasikan penghentian setiap rencana investasi langsung potensial di industri nikel di Indonesia dan menghentikan sumber dan produksi nikel di Indonesia di setiap lini bisnis Tesla. Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar dari surat tersebut.Pemerintah Indonesia pun tidak dapat dimintai komentar di luar jam reguler.

Elon Musk pada 2020 mendesak industri pertambangan untuk memproduksi lebih banyak nikel dengan cara yang peka terhadap lingkungan. Sebagai catatan, nikel digunakan untuk meningkatkan penyimpanan baterai kendaraan listrik.

Pernyataan Musk menanggapi permintaan energi listrik yang diramal akan meningkat ke depan karena pemerintah, perusahaan, dan konsumen berusaha untuk mengurangi asap berbahaya yang dikeluarkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil.

Indonesia sendiri telah menetapkan target memiliki 13 juta sepeda motor listrik, termasuk yang dikonversi, dan 2,2 juta mobil listrik di jalan raya pada 2030. Sejalan dengan dengan target zero emission Indonesia.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Sebut Harga Nikel Sudah Kemahalan, Bahaya Buat RI?


(ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading