Alibaba Mau Masuk ke FREN Rp 1,49 T, Beneran Nih?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
26 July 2022 14:10
Smartfren Foto: Smartfren

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa teknologi China, Alibaba, kembali dirumorkan akan menjadi salah satu investor operator telekomunikasi lokal PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Alibaba dikabarkan siap menggelontorkan dana hingga US$ 100 juta atau setara Rp 1,49 triliun untuk menyuntik modal baru di perusahaan milik Grup Sinarmas tersebut.

Mengutip Dealstreet Asia, Alibaba menilai rencana tersebut sebagai investasi yang potensial karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, Sinarmas juga merupakan partner bisnis strategis karena sebuah konglomerasi besar yang bergerak di sektor teknologi, agrobisnis, properti, keuangan dan kertas. 

Saham dengan kode FREN bergerak liar merespons kabar tersebut. Harga saham FREN melompat 9,2% ke level Rp 95 per unit dengan nilai transaksi mencapai Rp 284,79 miliar.

Rumor rencana Alibaba menjadi investor di Smartfren sudah diketahui CNBC Indonesia sejak akhir 2021. Sumber CNBC Indonesia juga menyebutkan ada rencana tersebut, tetapi tidak diketahui secara pasti nilai investasi yang akan ditanamkan Alibaba di Smartfren.

CNBC Indonesia sempat menghubungi CEO Smartfren, Merza Fachys untuk mengkonfirmasi kebenaran rencana tersebut. Namun Merza tidak menjawab dengan pasti kebenaran kabar tersebut, tetapi tidak sepenuhnya menyangkal soal rumor tersebut. 

"Alibaba tidak ada sama sekali ketidakmungkinan. Hanya secara resmi saat tinta sudah ditorehkan, sama-sama kita inginkan cuma satu bahwa FREN akan berkembang dan pemain tangguh," kata Merza saat Public Expose FREN, Selasa (28/12/2021).

Spekulasi soal ini berkembang bersamaan dengan rencana Smartfren menambah modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement. Aksi korporasi ini dilakukan dengan menerbitkan saham Seri C baru sebanyak-banyaknya 31 miliar saham.

Jumlah saham tersebut setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan, dengan harga pelaksanaan Rp 100 per saham. Sehingga, pihaknya akan memperoleh dana segar sebesar Rp 3,1 triliun.

Kabar di pasar juga menyebutkan jika Franky Wijaya bakal membeli saham private placement tersebut. Artinya, putra pendiri Sinar Mas ini bakal menjadi investor strategis private placement FREN.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Transaksi Nego Rp 1,5 T di FREN, Benarkah Alibaba Masuk?


(hps/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading