Ini 5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Dunia, Tajir Melintir

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
10 July 2022 17:45
FILE - In this Monday, June 24, 2019 file photo, Saudi Arabia's Crown Prince Mohammed bin Salman meets with Secretary of State Mike Pompeo at Al Salam Palace in Jeddah, Saudi Arabia. English Premier League club Newcastle was taken over by Saudi Arabia's sovereign wealth fund on Thursday, Oct. 7, 2021 after a protracted takeover. The takeover by the Saudi Public Investment Fund initially collapsed last year over concerns about how much control the kingdom's leadership would have in the running of Newcastle amid concerns about Saudi human rights abuses and the pirating of sports rights. (AP Photo/Jacquelyn Martin, Pool, File) Foto: AP/Jacquelyn Martin

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepak bola bukan hanya menjadi olahraga paling favorit saat ini di dunia, namun juga menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi para pemiliknya. Tak heran, banyak klub bola di dunia saat ini memiliki fasilitas megah dan bursa transfer pemain yang tidak main-main harganya.

Lalu, siapa saja wajah-wajah sultan yang memiliki klub-klub tersebut?

1. Mohammed Bin Salman - Newcastle United

Meski hanya kerap mengisi persaingan papan tengah Premier League, namun siapa sangka klub ini dimiliki oleh Putra Mahkota Arab Saudi. Mohammed Bin Salman melalui Konsorsium Arab Saudi yang melibatkan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi, membeli saham mayoritas Newcastle United seharga 300 juta pounds atau sekitar Rp5,8 triliun.

Nilai akuisisi itu terbilang kecil bagi korporat pengelolaan dana investasi publik yang dipimpin oleh putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman itu. Hal ini karena PIF dilaporkan memiliki aset senilai 430 miliar dolar AS atau sekira Rp6.190 triliun.

2. Sheikh Mansour - Manchester City

Sheikh Mansour adalah peiabat dan pebisnis ulung dari Uni Emirat Arab (UEA). Ia diperkirakan memiliki kekayaan mencapai 20 miliar dolar AS atau Rp287 triliun.

Manchester City menjadi klub yang kesulitan merangkak peringkat atas pada era 2000an. Namun setelah Sheikh Mansour menjadi pemilik penuh dari klub Manchester City pada tahun 2008, Manchester biru dapat menjadi klub top, bahkan hingga memenangkan 5 trofi liga.

3. Tamim bin Hamad Al Thani - PSG

PSG dikenal sebagai klub asal Prancis yang 'maruk' dalam membeli dan mengontrak pemain. Nama-nama beken seperti Messi, Neymar, Donnarumma, bahkan Sergio Ramos saat ini berada di klub tersebut.

Hal tersebut jelas bukan jadi masalah bagi PSG karena klub ini dimiliki oleh Tamim bin Hamad Al Thani. Ia juga merupakan pemilik penerbangan maskapai Qatar Air. Ia juga telah membeli saham sebesar 70 persen saham klub.

4. Dietrich Mateschitz - RB Leipzig & Red Bull Salzburg

Miliarder asal Austria bernama Dietrich Mateschitz ini memiliki kekayaan yang mencapai 15 miliar poundsterling atau sekitar Rp 284 triliun. Ia memiliki saham 49 persen dari perusahan minuman berenergi yaitu Red Bull.

Dietrich juga memiliki portofolio tim yang luas di berbagai olahraga. Dalam sepak bola, ia adalah pemilik klub Bundesliga Jerman RB Leipzig, klub Austria Red Bull Salzburg dan klub MLS New York Red Bulls.

5. Andrea Agnelli - Juventus

Andrea Agnelli diangkat sebagai Ketua dewan direksi Juventus pada 2010 dan memiliki kekayaan £14 miliar atau sekitar Rp 253 triliun. Dia sendiri merupakan keturunan dari pendiri perusahaan otomotif terbesar asal Italia, Fiat

Berkat bantuan Agnelli yang memiliki kekayaan 11 miliar pounds, Juventus juara Liga Italia sembilan musim beruntun.


[Gambas:Video CNBC]

(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading