Segini Banyaknya Dana Asing yang Kabur Tinggalkan RI

Market - Redaksi, CNBC Indonesia
06 July 2022 08:40
Infografis/Berani Lepas Ketergantungan Dolar AS, Apa Untungnya Buat RI?/Aristya Rahadian Ilustrasi: Dana Asing Kabur Tinggalkan RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar saham dan obligasi negara berkembang Asia, di luar China, mengalami goncangan hebat pada kuartal lalu. Kenaikan suku bunga acuan bank sentral negara maju serta lonjakan inflasi membuat investor asing memilih kabur dari Asia.

Dilansir dari The Business Times, arus modal asing keluar (capital outflow) dari tujuh pasar saham negara Asia pada kuartal terakhir menembus US$ 40 miliar ekuitas atau sekitar Rp 599,4 triliun (kurs Rp 14.985/US$). Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan periode tiga bulan selama periode sistemik sejak 2007.


Tujuh negara tersebut adalah India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Thailand. Jumlah US$ 40 miliar merupakan total outflow selama tiga bulan jika dibandingkan dengan tiga periode sistemik sebelumnya.

Sayangnya, Indonesia menjadi negara yang paling banyak ditinggal investor asing di pasar obligasi. Total dana asing yang keluar dari pasar obligasi Indonesia menembus US$ 3,1 miliar pada kuartal lalu.

Investor asing meninggalkan Indonesia bukan karena faktor fundamental domestik tetapi lebih karena kekhawatiran resesi.

Data Bank Indonesia menunjukkan hingga semester satu tahun ini, terjadi outflow di pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 111,12 triliun sementara di pasar saham masih terjadi inflow Rp 61,82 triliun.

Hal ini dicermati dengan serius oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kaburnya dana asing menjadi penyebab melemahnya nilai tukar rupiah dan bisa berdampak kepada pengelolaan fiskal.

"Capital flow barang kali yang terjadi, dengan rate fed maka orang mencari tempat di mana orang menganggap interest ratenya lebih tinggi. Ini semua yang harus kita kelola dalam mengelola baik 2022 maupun 2023," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rupiah Sentuh Level Terendah, Tanda Bahaya?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading