SMGR Minta Restu DPR Mau Caplok Semen Baturaja

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
30 June 2022 15:11
Produksi Semen Gresik, PT Semen Indonesia (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) meminta restu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VI dalam melakukan aksi korporasi. Dalam hal ini, Semen Indonesia meminta persetujuan untuk mengambil seluruh kepemilikan saham pemerintah di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR).

Direktur Utama Semen Indonesia Dony Arsal mengatakan, Semen Indonesia akan melakukan Rights Issue dengan inbreng Semen Baturaja pada Semen Indonesia melalui skema Rights Issue.

Dony menjelaskan, latar belakang pelaksanaan rights issue tersebut dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, yaitu terjadi over suplay di industri semen dimana kapasitas atau demand tidak sebanding demam kapasitas perusahaan.


"Melalui aksi korporasi menggabungkan semen Baturaja ke Semen Indonesia merupakan langkah konsolidasi dari sisi industri semen yang dimiliki negara dari tantangan yang ada memberi peluang sinergi dalam 5 tahun Rp 1,6 triliun baik dari sisi konsolidasi, penjualan pemasaran suplay change, produksi, pengadaan lainnya dan memberikan nilai tambah Semen Indonesia dan Semen Baturaja," ujarnya di DPR RI Komisi VI, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, karena kedua perusahaan juga merupakan perusahaan publik, berdasarkan aturan Otorias Jasa Keuangan (OJK), para pemegang saham publik juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam rights isuue penyetoran secara tunai.

"Diperkirakan transaksi akan mendapat pernyataan efektif dari OJK sekitar Oktober dan penandatangan inbreng sekitar Oktober 2022," ucapnya.

Dony menambahkan, rencana penggunaan dana Rights issue tersebut untuk pengembangan inisiatif Semen Indonesia dan silkuler ekonomi karena silkuler ekonomi ini membantu penurunan emisi CO2. Kemudian, untuk penghematan biaya ada subsitusi bahan bakar dan energi baru terbarukan. Terakhir, untuk pengembangan bisnis kedepan

"Kalau sisa dipergunakan modal kerja usaha," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga sudah menyebutkan Semen Indonesia merupakan salah satu perusahaan negara yang akan melakukan rights issue pada tahun ini. Hal ini dilakukan dalam rangka konsolidasi bisnis dengan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR). Dan diharapkan dapat mendorong peningkatan penjualan untuk ekspor.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Semen Indonesia (SMGR) Bagi Dividen Tunai Rp 1,02 Triliun


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading