BUMI Jadi Perusahaan Batu Bara Dengan ESG Terbaik

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
30 June 2022 15:10
PT Bumi Resources Tbk berkomitmen pada kesetaraan gender

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meraih peringkat tertinggi sebagai perusahaan batubara yang menerapkan environmental, social, and governance (ESG) pada Juni 2022. BUMI berada di posisi tertinggi dari 56 perusahaan batubara di seluruh dunia.

Peringkat tersebut diberikan oleh penyedia layanan data keuangan global, Refinitiv. Penerapan ESG BUMI meraih skor 84 dalam skala 100.

Presiden Direktur BUMI Adika Nuraga Bakrie mengatakan Refinitiv mengkategorikan skor di atas 75 (Fourth Quartile) sebagai indikasi kinerja ESG yang relatif sangat baik dan tingkat transparansi yang tinggi dalam melaporkan data materi ESG kepada publik.


"Untuk mencapai visinya, BUMI secara terbuka berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan. BUMI juga telah mengembangkan laporan keberlanjutan sejak 2016 hingga sekarang, yang mempublikasikan keberhasilan praktik ESG yang diterapkan oleh BUMI dalam berbagai aspek keberlanjutan, seperti kinerja ekonomi, praktik ketenagakerjaan, kepatuhan, lingkungan, dan kemasyarakatan, serta hak asasi manusia," kata Adika dikutip dari siaran pers, Kamis (30/6/2022).

Diketahui skor ESG dari Refinitiv dirancang untuk secara transparan dan objektif mengukur kinerja, komitmen, dan efektivitas ESG relatif perusahaan dalam 10 tema utama, yakni emisi, inovasi produk lingkungan, hak asasi manusia, pemegang saham, dan sebagainya, berdasarkan data yang dilaporkan kepada publik. Skor ESG Refinitiv mengukur kinerja ESG perusahaan berdasarkan laporan data yang dapat diverifikasi di ranah publik.

Adapun Skor ESG tersebut menghitung lebih dari 630 pengukuran ESG di tingkat perusahaan, di mana sebagian dari 186 yang sebanding dan material per industri memperkuat penilaian dan proses penilaian perusahaan secara keseluruhan. Refinitiv dikelompokkan ke dalam 10 kategori dan membentuk tiga skor pilar serta skor ESG akhir, yang mencerminkan kinerja ESG perusahaan.

Adika menambahkan pihaknya sangat bangga dengan pencapaian peringkatnya di Refinitiv untuk mengukur posisi kinerja ESG BUMI di antara perusahan sejenisnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sukses Implementasi GCG, BUMI Raih Top 50 Mid Cap Company


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading