Awas Putin Ngamuk! Harga Minyak Bakal Nanjak Nih...

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
28 June 2022 07:24
A picture of Russian President Vladimir Putin hangs at a target practice range in Lviv in western Ukraine, Thursday, March 17, 2022. (AP Photo/Bernat Armangue)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia ditutup melesat pada perdagangan kemarin. Apa pasal?

Kemarin, harga minyak jenis brent ditutup di US$ 115,09/barel. Melonjak 1,74% dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Sedangkan yang jenis light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) harganya US$ 109,57/barel. Bertambah 1,81%.


Perkembangan konflik Rusia-Ukraina masih menjadi faktor utama penggerak harga minyak. Negara-negara G7 berencana untuk menentukan batas atas harga minyak dari Rusia.

Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara sekutunya memang sudah melakukan embargo terhadap minyak asal Negeri Beruang Merah. Namun itu tidak membuat minyak Rusia lantas tidak laku, karena ternyata masih ada yang membeli seperti China dan India.

crudeSumber: IEA, Reuters

Ini membuat Rusia masih bisa mendapatkan pemasukan dari ekspor minyak. Bulan lalu, negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin itu mendapatkan sekitar US$ 20 miliar dari ekspor minyak. Naik sekira US$ 1,7 miliar ketimbang April.

India kini menjadi negara tujuan ekspor minyak Rusia terbesar kedua, menggeser Jerman. Sementara China menduduki peringkat pertama.

crudeSumber: IEA, Reuters

Halaman Selanjutnya --> G7 Mau Batasi Harga Minyak Rusia

G7 Mau Batasi Harga Minyak Rusia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading