Erick Bicara Potensi Besar Ekonomi Digital RI: Rp 4.500 T!

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
21 June 2022 19:14
Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan kalau hingga 2030 ekonomi digital Indonesia diperkirakan tumbuh 8 kali, lebih cepat dibandingkan APBN yang hanya bertumbuh 1,5 kali.

"Angka digital ekonomi kita, tumbuh 8 kali lebih cepat dari APBN yang 1,5 kali, kue ekonomi digital Rp 4.500 triliun dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2030," jelas Erick dalam Kuliah Umum Kebangsaan Kerja Besar untuk Indonesia Maju di Bandung, Selasa (21/6/2022).

Oleh karena itu, Erick berharap masyarakat, terutama yang saat ini masih menjadi mahasiswa untuk bersiap. Menurut Erick, ekonomi digital saat ini masuk ke gelombang ketiga dan dia berharap Indonesia bukan hanya bisa jadi target pasar semata.


"Kita secara bersama-sama seperti pada masa awal Covid-19, mengambil peran masing-masing. Ada yang infrastruktur, ada yang membangun masyarakat digital, dan akselerasi digital," kata Erick.

Adapun di Kementerian BUMN tengah fokus mengembangkan tiga hal sebagai optimalisasi transformasi digital Indonesia, meliputi pengembangan infrastruktur digital, pembangunan masyarakat digital, dan akselerasi ekosistem digital.

Melalui Telkom dan Telkomsel, Kementerian BUMN tengah mengembangkan infrastruktur digital untuk mengoptimalkan potensi bisnis teknologi dan digitalisasi.

BUMN saat ini membangun data center dan cloud guna mendukung aktivitas bisnis, pengembangan fiber optik demi konektivitas sepanjang 165.805 km, dan akan segera meluncurkan jaringan 5G BTS di sembilan kota demi mendukung industri 5.0.

Ke depan, Indonesia akan menjadi pemimpin pasar di Asia Tenggara, disusul oleh Vietnam, dan Malaysia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Komoditas Naik Hingga 2030, Tidak Akan Turun Lagi!


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading