Begini Struktur Penawaran Obligasi Anak KB Kookmin, Minat?

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
14 June 2022 17:15
Obligasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT KB Finansia Multi Finance, anak usaha yang 80% sahamnya dipegang KB Kookmin Card Co., Ltd, berencana akan melakukan Penawaran Umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022 dengan nominal maksimal sebesar Rp 1 triliun. Rencana tersebut guna menangkap momentum daya beli masyarkat yang mulai pulih tahun ini setelah industri otomotif terpukul karena badai Covid-19.

Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan mobil 41,1% dibandingkan Gabungan Industri periode yang sama tahun 2021. Bahkan Gaikindo mencatat bahwa permintaan tersebut lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

Direktur Keuangan KB Finansia Finance Kisup Wi mengatakan, obligasi tersebut akan dibagi dalam dua seri yaitu Seri A yang memiliki tenor 370 hari dengan rentang kupon 4,60%-5,1% dan Seri B akan memiliki tenor 3 tahun dengan rentang kupon 6,5%-7%. Obligasi itu juga memperoleh peringkat AA+(idn) (Double A Plus) dari PT Fitch Ratings Indonesia tersebut.


"Suku bunga Obligasi I KB Finansia Multi Finance akan dibayarkan setiap Triwulan. Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2022, sedangkan pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo Obligasi masing-masing adalah pada tanggal 2 Agustus 2023 untuk Obligasi seri A dan tanggal 22 Juli 2025 untuk Obligasi seri B," kata Kisup, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Kisup menjelaskan, nantinya, dana dari hasil penawaran tersebut setelah dikurangi dengan biaya-biaya, dan pengeluaran-pengeluaran sehubungan dengan emisi, semua akan digunakan Perseroan untuk pembiayaan konsumen.

Dalam aksi korporasi ini, perusahaan tidak melakukan penyisihan dana untuk Obligasi I KB Finansia Multi Finance dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan penggunaan dana dari hasil Penawaran Umum Obligasi sesuai dengan tujuan rencana penggunaan dana hasil Penawaran Umum Obligasi ini.

Namun, untuk menjamin seluruh jumlah utang yang wajib dibayar, perusahaan memberikan jaminan kepada Pemegang Obligasi, melalui Wali Amanat, berupa kegiatan yang merupakan bagian dari aset Perseroan.

Piutang (performing) yang dijaminkan merupakan kegiatan yang tidak terdapat keterlambatan dalam pembayaran pokok dan/atau bunga, melewati 90 hari kalender. Sedangkan total nilai piutang (performing) yang akan menjadi akta jaminan fidusia adalah paling sedikit 20% dari tanggal pokok Obligasi pada saat Emisi, dan selambat-lambatnya 5 (lima) bulan sejak Tanggal Emisi Obligasi minimal 60% dari nilai pokok Kewajiban.

Sementara, yang bertindak menjadi Wali Amanat dalam Penawaran Umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sementara yang bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi adalah PT Korea Investment And Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Adapun jadwal penawawan umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance tahun 2022:

Masa penawaran awal: 14-29 Juni 2022

Perkiraan tanggal efektif: 14 Juli 2022

Perkiraan masa penawaran umum: 15-19 Juli 2022

Perkiraan penjatahan: 20 Juli 2022

Perkiraan tanggal distribusi obligasi secara elektronik: 22 Juli 2022

Perkiraan pencatatan di Bursa Efek Indonesia: 25 Juli 2022


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Adhi Karya Terbitkan Obligasi Rp 3,75 T, Simak Jadwalnya


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading