Liar, Harga Emas Sulit Dipegang

Market - Maesaroh, CNBC Indonesia
09 June 2022 07:55
Emas batangan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan emas makin volatil menjelang rapat bulanan The Fed. Pada perdagangan Kamis (9/6/2022) pukul 06:42 WIB, harga emas dunia di pasar spot berada di US$ 1.852,90 per troy ons. Melemah 0,02%.

Harga emas sempat menguat 0,07% pada perdagangan kemarin dan ditutup di level US$ 1.853,26 per troy ons. Dalam sepekan terakhir, emas bergerak sangat volatile di mana harganya akan melemah pada perdagangan pagi hari tetapi kemudian kerap menguat menjelang penutupan.

Dalam sepekan, harga emas melemah 0,82% secara point to point. Dalam sebulan, harga emas juga menyusut 0,06% sementara dalam setahun merosot 1,87%.



"Sentimen terhadap pergerakan emas cukup membingungkan. Sentimen kadang membawa pergerakan emas ke arah lain," tutur analis dari Saxo Bank Ole Hansen, seperti dikutip Reuters.

Hansen menambahkan, dalam beberapa hari terakhir, penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan yield surat utang AS seharusnya melemahkan emas. Namun, emas mampu menguat pada penutupan perdagangan Senin dan Selasa pekan ini.

Dolar AS dan yield melonjak tajam dalam dua hari terakhir seiring semakin dekatnya rapat Federal Open Market Committee (FOMC).  pekan depan. Penguatan dolar AS membuat emas menjadi mahal sehingga kurang menarik. Peningkatan yield juga membuat emas tidak menarik karena emas tidak menawarkan imbal hasil.

Pergerakan emas yang kadang tidak sejalan dengan dolar AS dan yield diperkirakan karena ada faktor lain yang tidak kalah kuat yakni kekhawatiran stagflasi dan resesi. Bank Dunia dalam laporannya, Selasa (7/6/2022), menyoroti kemungkinan terjadinya stagflasi. Hal ini membuat permintaan emas meningkat. Emas dijadikan aset lindung nilai saat inflasi melonjak atau saat kondisi perekonomian memburuk.

"Investor mungkin berpikir berinvestasi di emas dalam 1-2 tahun ke depan," tutur Clifford Bennett, kepala ekonom ACY Securities.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kembali Tiarap! Harga Emas Turun Lagi


(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading