Cek Harga Emas Hari Ini di Antam, Saatnya Jual Atau Beli Nih?

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
08 June 2022 10:29
Emas Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan naik Rp 5.000 per gram menjadi Rp 981.000 pada perdagangan hari Rabu (8/6/2022).

Sedangkan harga buyback atau harga yang digunakan ketika menjual emas kembali ikut menguat Rp 5.000 per gram menjadi di Rp 860.000/gram.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra mengatakan, jika berdasarkan harga emas di pasar spot hari ini, kenaikan aset logam kuning tersebut didorong oleh isu stagflasi yang dikemukakan World Bank dalam laporan risetnya semalam.


"Isu stagflasi yang dikemukakan World Bank dalam laporan risetnya semalam bakal mendongkrak harga emas spot hari ini," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (8/7/2022).


World Bank mengatakan bahwa resesi akan sulit dihindari. Sehingga, World Bank memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia dari 4,1% menjadi 2,9%. Perang di Ukraina menjadi penyebab utama yang mendorong kenaikan harga kebutuhan masyarakat yang bisa mendorong masyarakat menunda atau mengurangi konsumsi dan melambatkan pertumbuhan.


Namun, di sisi lain, Ariston melanjutkan, karena inflasi yang meninggi, isu the Fed untuk menaikkan suku bunga acuan juga menguat. Hal tersebut dapat menahan kenaikan harga emas di pasar spot. "Jadinya pergerakan naik harga emas bisa tertahan," ucapnya.

Terkait rekomendasi emas Antam, Ariston menambahkan, sebaiknya investor melakukan pembelian pada harga rendah. Jika ingin berinvestasi pada emas Antam sebaiknya tidak melakukan trading harian, sebab aset tersebut merupakan aset jangka panjang.


"Harga emas Antam sulit untuk trading harian karena spread beli dan jualnya besar. Kalau Antam lebih baik (pembelian di harga rendah) begitu, lebih jangka panjang," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Meski Dunia Gonjang-ganjing, Harga Emas Tetap Mengkilat!


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading