Manuver Adaro Ketika Bank Mulai Bersiap Hentikan Kredit

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
07 June 2022 15:05
Tambang batu bara PT Adaro Indonesia Foto: Adaro Energy

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga keuangan perbankan berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim. Caranya dengan membatasi pembiayaan ke sektor energi fosil.

Belakangan, baik secara regional maupun global, perbankan mulai mengerem bahkan menghentikan penyaluran kredit ke sektor tersebut. Langkah itu makin gencar pasca kesepakatan multilateral dalam forum KTT iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia.


Selain membatasi dan menghentikan kredit ke sektor energi fosil, tahun lalu sekitar 190 negara dan organisasi yang menghadiri KTT COP26 Glasgow dilaporkan menandatangani perjanjian untuk memensiunkan PLTU batu bara.

Dari dalam negeri sendiri, Indonesia juga dikabarkan siap untuk 'memensiunkan' secara dini pembangkit listrik dengan sumber energi batu bara pada 2040, seperti yang diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Target tersebut lebih cepat dari perkiraan di mana sebelumnya Indonesia ditargetkan menghentikan PLTU batu bara tahun 2056 dan mencapai emisi nol karbon pada 2060.

Kredit ke PLTU Jawa
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading