Bunga 6%-7%, Begini Cara Dapat KUR dari BRI Hingga BCA

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
07 June 2022 16:25
Gedung Bank BNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu segmen usaha yang berperan penting menjadi katalis dan penopang ekonomi di Indonesia.

Sayangnya, kompleksitas kondisi permodalan menjadi halangan tersendiri bagi pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya, terutama saat pandemi Covid-19.

Untuk itu, pemerintah menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yakni kredit atau pinjaman yang menjadi bagian dari program pemerintah untuk memudahkan UMKM dalam mendapatkan pembiayaan atau modal usaha. Skema ini dirilis pada 2007 silam dan menjadi salah satu solusi jitu bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya.


KUR adalah kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh perusahaan perbankan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) yang feasible tapi belum bankable.

KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan.

Umumnya, KUR terbagi menjadi dua yakni KUR untuk keperluan Kredit Modal Kerja (KMK) dan untuk keperluan Kredit Investasi (KI).

Di bank-bank besar, suku bunga KUR yang ditetapkan rata-rata sebesar 6%. Adapun bank-bank besar tersebut yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

1. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

KUR di Bank Negara Indonesia bernama BNI Kredit Usaha Rakyat (BNI KUR), yang merupakan fasilitas kredit dari Bank Negara Indonesia untuk digunakan sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk KMK. Selain itu, nasabah juga dapat menggunakan fasilitas kredit ini sebagai KI.

Fasilitas kredit BNI KUR diberikan hingga maksimal Rp 500 juta dengan jangka waktu pengembalian hingga 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi. Adapun suku bunga kredit yang ditawarkan oleh Bank Negara Indonesia sebesar 7% per tahun.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh nasabah yang ingin mengajukan BNI KUR, baik untuk KMK maupun KI, adalah sebagai berikut

a. Perorangan

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usaha telah berjalan minimal 6 bulan
  • Fotokopi dokumen-dokumen (E-KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah (bagi yang sudah menikah), dan dokumen jaminan untuk kredit di atas Rp 25 juta, dibuktikan dengan Fotokopi bukti kepemilikan tanah, IMB, atau PBB dan BPKB)
  • Surat ijin usaha (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari kelurahan/kecamatan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit di atas Rp 50 juta

b. Badan

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usaha telah berjalan minimal 6 bulan
  • Fotokopi dokumen-dokumen (E-KTP, Kartu Keluarga, dan dokumen jaminan untuk kredit di atas Rp 25 juta, dibuktikan dengan Fotokopi bukti kepemilikan tanah, IMB, atau PBB dan BPKB)
  • Surat ijin usaha (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari kelurahan/kecamatan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit di atas Rp 50 juta

2. PT Bank Rakyat Indonesia

Seiring dengan pulihnya ilklim usaha di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen untuk terus berkontribusi untuk memajukan usaha UMKM.

BRI menawarkan dua jenis KUR yakni KMK dan atau KI dengan plafon kredit sampai dengan Rp 500 juta yang diberikan kepada usaha mikro, kecil dan koperasi yang memiliki usaha produktif yang akan mendapat penjaminan dari Perusahaan Penjamin.

Tujuan BRI memberikan KUR ini adalah untuk Meningkatkan akses pembiayaan UMKM dan Koperasi kepada bank, sebagai media pembelajaran UMKM untuk menjadi debitur yang bankable sehingga dapat dilayani sesuai ketentuan komersial perbankan pada umumnya (sebagai embrio debitur komersial).

Diharapkan, usaha yang dibiayai oleh BRI dapat tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan.

Sementara untuk suku bunga kredit yang ditawarkan oleh BRI sebesar 6% per tahun, dengan jangka waktu yang lebih fleksibel yakni dari 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh nasabah yang ingin mengajukan KUR dari BRI adalah sebagai berikut

  • Individu (perorangan)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)
KUR Bank Mandiri Hingga KUR Bank BCA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading