Konsumen GOTO Lebih Loyal 94%, Rupanya karena Hal Ini

Market - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 May 2022 20:36
GoTo (Tangkapan layar zoom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Peningkatan transaksi pengguna secara signifikan terjadi di layanan Goto pasca penggabungan perusahaan Gojek dan Tokopedia tahun lalu.

President PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Patrick Cao menjelaskan kenaikan transaksi pengguna dalam hal ini konsumen, pedagang dan driver terjadi seiring dengan langkah GoTo meluncurkan berbagai inisiatif penawaran silang bisnis (cross pollination).

Patrick mengatakan jumlah annual transacting users (ATU) lintas platform pada tahun 2021 meningkat sebesar 37% year-on-year mencapai 11,6 juta.


Jumlah tersebut hanya merupakan 21% dari ATU di platform Gojek dan Tokopedia, sehingga memiliki potensi besar untuk tumbuh, seiring dengan fokus perusahaan dalam melakukan akuisisi silang antar pengguna Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

"Dengan adanya silang bisnis ini mendorong konsumen GoTo lebih loyal 94%," kata Patrick dalam konferensi pers Goto: Paparan Kinerja Keuangan & Operasional FY 2021 & Q1 2022, Senin (30/5/2022).

Dia menjelaskan ada beberapa alasan peningkatan tersebut. Salah satunya adalah karena pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir yang membuat perilaku pada platform digital meningkat.

"Yang secara organik menumbuhkan tuntutan pada platform digital seperti kami, digabungkan ke konsumsi rumah tangga. Apakah mencari supplier yang memasok belanja bulanan dan bisa mengandalkan platform dan ekosistem kami," jelasnya.

Selain itu juga adanya infrastruktur yang dimiliki terkait pengantaran dan pembayaran. Pengguna dapat mendapatkan bayaran yang diinginkan secara cepat serta nilai yang baik.

Penggunaan pembayaran dan juga layanan paylater, Patrick menyebutkan juga menambah pengguna dalam produk yang ada dalam ekosistem Goto.

"Yang juga mendorong beberapa tahun terakhir menambahkan pengguna online atau offline diluncurkan di ekosistem kami," ungkapnya.

Alasan lain adalah peluncuran produk baru. Ini pernah dilakukan Goto saat varian Covid-19 Delta menyebar di dalam negeri tahun lalu.

"Masih ingat pada saat varian Delta, kemudian Gojek dan Tokopedia meluncurkan produk untuk mendapatkan barang esensial dan mengirimkan barang dalam waktu dua jam," kata Patrick.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Adakah Potensi Cuan di Balik Angka Kerugian GoTo?


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading