Nestle Bangun Pabrik Rp 3,3 Triliun, Ini Dia Lokasinya

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
27 May 2022 17:10
FILES --- Logo of Nestle SA, the world's largest food company, at their headquarters in Vevey, Switzerland, Nov. 24, 1999. Nestle SA, the world's biggest food and drink company, said Thursday that sales for the first nine months fell 2.2 percent as the strong Swiss franc and weakened demand hurt overall performance. (AP Photo/Keystone, Laurent Gillieron)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengumumkan saat ini Nestle tengah dalam proses pembangunan pabrik keempatnya di Indonesia.

Pembangunan pabrik tersebut, kata Bahlil akan berlokasi di Batang Industrial Park (BIP) dalam rangka peningkatan kapasitas pabrik sebesar 25% atau 775.000 ton senilai CHF 220 juta atau setara Rp 3,3 triliun (Rp 15.193/CHF atau Swiss Franc).

Dalam kunjungan kerjanya ke Davos, Swiss pada Selasa (24/5/2022) Bahlil bertemu langsung dengan Head of Operation Nestle, Magdi Batato. Di tengah pertemuan tersebut, Bahlil menyampaikan komitmennya untuk memfasilitasi pengembangan usaha Nestle di Indonesia.

Bahlil juga mengapresiasi atas komitmen Nestle untuk rencana kolaborasinya dengan petani dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

"Seperti yang telah dilakukan saat ini yaitu bermitra dengan 20.000 petani lokal untuk pabriknya di Jawa Timur," jelas Bahlil dalam siaran resminya, Jumat (27/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Head of Operations Nestle Magdi Batato menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian Investasi/BKPM atas dukungan dan fasilitasi investasi Nestle di Indonesia mulai dari groundbreaking sampai dengan saat ini, termasuk dalam proses perizinan investasi.

"Kami sangat berharap agar tim Kementerian Investasi/BKPM dapat terus bekerja sama dan menjalin komunikasi yang baik untuk terus mendukung investasi kami di Indonesia," ujar Magdi.

Untuk diketahui, Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971 serta telah mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan. Saat ini, Nestle telah memiliki 3 Pabrik di Panjang (Lampung), Cikupa (Banten), dan Kejayan (Jawa Timur).

Sebagai salah satu investor asal Swiss yang terbesar, Nestle diharapkan dapat menjadi salah satu perusahaan swasta percontohan yang mendukung Pemerintah dalam memperkuat program penguatan pangan di Indonesia serta terus meningkatkan investasinya di Indonesia.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BKPM: Investasi Foxconn di 2022 Tidak Akan Meleset!


(cap/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading