8 Tahun Berturut-turut, BRI Jadi Perusahaan Publik Terbesar

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
24 May 2022 11:02
bri

Jakarta, CNBC Indonesia - Pecapaian PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai perusahaan publik terbesar di Indonesia selama 8 tahun berturut-turut patut diacungkan jempol.

Pengamat ekonomi perbankan Bina Nusantara Universitas (Binus) Doddy Ariefianto menilai, capaian BRI tersebut tidak lepas dari kinerja perseroan yang mampu terus tumbuh positif dan mampu menumbuhkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

BRI sendiri dinobatkan sebagai perusahaan publik terbesar di Indonesia dalam pemeringkatan Forbes 2022 Global 2000 World's Largest Companies.


"Wajar saja, pertama, track record-nya sudah lama bahkan lebih dari 100 tahun dengan kinerja positif yang berkelanjutan. Kedua, BRI satu-satunya bank di Indonesia yang cabangnya, atau network-nya paling ekstensif. BRI punya kantor sampai plosok negeri, ada BRI Unit," ujar Doddy dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Doddy menambahkan, Strategi go smaller, go shorter, go faster dengan mengoptimalisasi sektor ultra mikro juga sejalan untuk mendukung target 90% inklusi keuangan pada 2024 yang diusung Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apalagi, BRI saat ini telah terkonsolidasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian dalam Holding Ultra Mikro.

"Dengan bergabungnya Pegadaian dan PNM ke dalam BRI Group jadi spektrum produknya lebih banyak," tambah Doddy.

Sementara itu, Direktur Utama BRI, Sunarso menuturkan BRI akan tetap fokus pada sektor UMKM sebagai backbone utama bisnis perseroan. Untuk itu, perseroan akan terus memperkuat digitalisasi UMKM dapat menyentuh lebih banyak nasabah.

Untuk mengimbangi layanan digital, perseroan pun akan mengedukasi masyarakat atau nasabah untuk lebih melek layanan perbankan digital melalui penyuluh digital dengan 3 tugas utama.

"Pertama, memberikan edukasi untuk rekening secara digital. Kedua, mengajari masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Ketiga, mensosialisasikan dan mengajari masyarakat untuk mengamankan rekeningnya dari kejahatan digital," tutup Sunarso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BRI Dinobatkan Jadi Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia


(dpu/dpu)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading