Inarno Djajadi Cabut, BEI Umumkan Direksi Baru Bulan Depan

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
24 May 2022 09:04
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BEI menggantikan Inarno Djajadi yang bakal segera masuk dalam jajaran Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK).

"Saya ditunjuk sebagai pejabat sementara Dirut sesuai mekanisme AD BEI dan POJK," jelas Hasan, dikutip Selasa (24/5/2022).

Hasan juga menjelaskan semua di direksi BEI tetap menjalankan tugas dan fungsi sepenuhnya sampai masa bakti berakhir yang tidak lama lagi. Tidak ada perubahan Direksi BEI meski Inarno Djajdi sudah mengundurkan diri. Perubahan baru akan dilakukan saat RUPS tahunan BEI.

"Adapun pengumuman Direksi BEI yang baru saat ini masih berproses. Namun, kalau mengacu ke ketentuan POJK, akan diumumkan hasilnya paling lambat 7 hari sebelum RUPS BEI," ungkap Hasan.

Untuk diketahui, RUPS BEI akan dilakukan pada 29 Juni. Untuk sementara, Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi akan menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Dirut BEI mulai Selasa, 24 Mei 2022.



"PLT Dirut-nya Pak Hasan Fawzi dan tidak perlu RUPSLB (untuk penunjukkannya)," jelas Laksono W. Widodo, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Adapun Dewan Komisioner OJK akan dilantik lebih cepat dari waktu yang seharusnya pada Juli mendatang. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memastikan hal tersebut dan mengatakan bahwa dewan komisioner yang baru akan dilantik di Mahkamah Agung.

"Betul dilantik di Mahkamah Agung," kata Dasco dalam rekaman suara yang diterima, Minggu (22/5/2022).

Bukan cuma itu, Presiden Jokowi disebut sudah meneken Keputusan Presiden terkait Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

Untuk diketahui, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 Mahendra Siregar resmi menanggalkan jabatannya di PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Mahendra sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama di perusahaan tersebut.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Kegiatan Usaha Dibekukan, Saham DEFI Digembok Pula!


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading