Diam-diam, Panca Mitra Rencanakan Rights Issue Untuk Ekspansi

Market - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
19 May 2022 13:40
Buka-bukaan Investasi Kaesang di Emiten Pengolahan Udang  (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) berencana melakukanrights issuedi tahun ini. Pada aksi korporasinya itu, PMMP membidik pendanaan untuk membiayai rencana ekspansi usaha mereka tahun depan, yakni pembangunan pabrik ke-9.

Martinus Soesilo, Direktur Utama PMMP menyampaikan, rencanarights issuetersebut rencananya baru akan dieksekusi pada semester II tahun ini. "Rencananya kami akan melakukan aksi korporasi, yakni rights issue pada semester dua tahun ini atau semester satu tahun depan mengikuti perkembangan kondisi pasar modal di Indonesia." ujar Martinus.

Dana hasil rights issue ini akan digunakan untuk membiayai rencana ekspansi usaha PMMP tahun 2023 untuk memulai pembangunan pabrik ke-9 di Situbondo, Jawa Timur. "Ke-8 pabrik kami sudah mencapai utilitas maksimal, dan permintaan produk kami baik dari sisi ekspor maupun domestik terus mengalami pertumbuhan, sehingga kami berencana untuk menambah kapasitas pabrik kami dengan membangun pabrik baru." Kata Martinus.


Pabrik baru ini nantinya akan tetap fokus untuk menmproduksi produk Value Added Shrimp, yang memang sudah menjadi fokus perusahaan sejak tahun 2020. "Pabrik baru ini nanti akan fokus untuk Value Added, untuk meningkatkan profitabilitas Perusahaan," tambah Martinus.

Pada kesempatan yang sama, Christian Jonathan Sutanto, Sekretaris Perusahaan Perseroan menyampaikan bahwa dirinya belum bisa memproyeksikan totalpelaksanaan rights issue, termasuk porsi untuk publik, karena hal ini masih menunggu persetujuan pemegang saham. Namun, dari aksi korporasi itu PMMP berharap dapat meningkatkan porsi kepemilikan publik.

Dari rencana pendanaan tersebut, Christian menilai hal ini nanti akan memperbaiki struktur permodalan Perseroan dan memberikan dampak positif pada likuiditas Perseroan. "Dengan adanya tambahan setoran modal ini, rasio-rasio likuiditas dan solvabilitas kami akan membaik dan struktur permodalan Perusahaan juga akan lebih sehat," tambah Christian.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tok! Investree Genggam 10,9% Saham Bank Amar


(dhf/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading