Beneran Balas Dendam! IHSG Lanjut Naik 1,4%, GOTO Loncat 11%

Market - vap, CNBC Indonesia
17 May 2022 09:31
Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI).  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus melanjutkan kenaikannya pasca kembali dibuka setelah long weekend seiring libur hari raya Waisak pada Senin (16/5/2022). 

Pada pukul 09.23 WIB, IHSG lompat 1,44% ke level 6.692.85. Bahkan, IHSG sempat kembali menyentuh level psikologis 6.700, tepatnya 6.701.41 pada level tertinggi pagi ini. 

Saham dengan kapitalisasi pasar besar, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) turut menopang IHSG. Saham GOTO terpantau terbang 11,34% ke level Rp 216 per unit setelah berhari-hari berada di zona merah. 


"IHSG diperkirakan bergerak variatif namun berpeluang menguat pada perdagangan hari ini. Support: 6500. Resistance: 6680," ujar analis SF Sekuritas dalam riset harian, Selasa (17/5/2022).

Menurut SF Sekuritas, untuk hari ini IHSG masih akan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat. Volatilitas diperkirakan masih akan tinggi di tengah ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia pada tahun ini demi menanggulangi kurs yang mulai melemah di kisaran Rp14.600 per USD.

Di sisi lain, sektor energi masih akan menjadi pilihan pasar. Sektor energi ditopang oleh tren harga minyak global yang kembali naik ke kisaran USD110 per barrel. Selain itu, pelemahan Rupiah juga memberikan dampak positif bagi perusahaan energi yang berbasis ekspor.

Sementara menurut analis Reliance Sekuritas Indonesia, IHSG pada hari ini diperkirakan akan bergerak positif mengikuti pergerakan yang terjadi pada bursa Asia.

Para investor akan menunggu hasil neraca dagang hari ini yang diperkirakan akan tetap mengalami surplus, sementara dari komoditas harga minyak dan nikel mengalami penurunan dan harga batu bara masih solid.

"IHSG akan bergerak di rentang 6560 - 6670 pada perdagangan hari ini," ujarnya dalam riset harian. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dia 19 Naga & Dewa di Balik IPO GoTo


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading