Gak Mau Kalah! 11 Saham Ini Juga Masuk MSCI Small Cap Index

Market - Putra, CNBC Indonesia
15 May 2022 15:30
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - MSCI kembali melakukan rebalancing atas portofolio indeks sahamnya. Kali ini dilakukan untuk MSCI Global Small Cap Index. Saham-saham di bursa nasional pun ikut terdampak.

Perubahan konstituen tersebut akan efektif pada penutupan perdagangan 31 Mei 2022. 

Untuk aset atau indeks MSCI Small Cap Indonesia, perusahaan tersebut mengeluarkan dua saham yaitu PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).


Kedua saham tersebut memang terpantau memiliki kinerja yang kurang bagus sejak awal tahun. Saham ISAT tercatat melemah 4,94% secara year-to-date (ytd).

Sementara itu saham DMAS yang bergerak di sektor developer kawasan industri dan komersial juga mengalami kinerja yang cukup mengecewakan dengan koreksi hampir 11%.

Meskipun MSCI mengeluarkan dua saham tersebut dari konstituen indeksnya, tetapi MSCI juga menambahkan 11 saham lain dengan rincian sebagai berikut.

Saham

Ytd Change (%)

BBKP

-23.7

BBYB

-52.7

BRMS

93.1

CMRY

30.8

HRUM

1.94

INTP

-20.3

LPPF

30.7

HEAL

29.4

MTDL

-5.9

BCAP

206.5

ESSA

132.1

Dari 11 saham yang dimasukkan ke dalam penghuni indeks MSCI Small Cap Indonesia, ada dua saham dengan return bagger sejak awal tahun yaitu emiten holding keuangan grup MNC PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan emiten gas PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA).

Selain itu saham PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP) yang terdepak dari MSCI Global Standard Index, lalu masuk ke kategori small caps. Saham PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) yang baru saja IPO Desember tahun lalu juga masuk ke dalam MSCI Small Cap Index.

Masuknya saham-saham tersebut ke dalam MSCI Small Cap Index akan menjadi katalis positif untuk harga sahamnya lantaran bisa menarik inflow dana asing.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bank Kakap RI Panen Laba Jumbo, IHSG Dibuka Cerah


(trp/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading