Fenomena 'Investasi Bodong' Lebaran Muncul, Anak Jadi Korban

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
12 May 2022 10:25
Ilustrasi Foto OJK

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi anak-anak Hari Raya Idul Fitri juga berarti memperoleh uang Tunjangan Hari Raya (THR) baik dari saudara ataupun kolega keluarga. Uang yang banyak dimiliki oleh anak-anak ini ternyata menjadi fenomena baru, yakni ibarat praktik dari investasi bodong.

Mengutip Instagram @sikapiuangmu, salah satu viral ini muncul usai orang tua menawarkan untuk menyimpan uang THR anak-anaknya agar tidak habis, atau bahkan dicuri. Lalu dimana investasi bodongnya? Jika orang tua menggunakan uang THR buah hati mereka tanpa izin, di sini praktik investasi bodong terjadi tanpa disadari.

Lalu bagaimana sebenarnya cara mengelola uang THR dengan bijak? Mengutip @sikapiuangmu yang merupakan kanal resmi dari Otoriras Jasa Keuangan (OJK), setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan orang tua.


"Orang tua bisa mengajak anak menabung di Simpanan Pelajar atau Simpel baik yang konvensional maupun syariah," ungkap video @sikapiuangmu, Kamis (12/5/2022).

Sedangkan yang kedua adalah mengajarkan atau melakukan literasi keuangan pada anak-anak sejak dini. Apalagi saat ini sudah banyak buku yang memuat tentang hal itu, atau dari OJK ada learning system management.

Sebelumnya, Perencana Keuangan, Safir Senduk mengunggah hal yang serupa di Instagram pribadinya. "Ketika uang THR yang didapatkan anak-anak dititipkan ke orang tua, di situlah anak-anak pertama kali mengenal investasi bodong."

Unggahan perencana keuangan Sefir Senduk di media sosial belakangan viral, karena dianggap menggambarkan realitas momen setahun sekali. Kehadiran amplop THR juga bisa menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mulai mengajarkan manajemen keuangan kepada anak-anaknya. Namun, tak jarang hal sebaliknya lebih banyak ditemui.

Perencana keuangan Sefir Senduk memberi ilustrasi mengenai situasi di mana THR yang diterima anak justru menjadi awal mula praktik investasi bodong. Ada kondisi di mana orang tua menawarkan untuk mengelola THR anak, tetapi dana yang dikelola terpakai untuk urusan lain.

"'Sini titip di Mamah aja, takut ilang duit lebarannya.' - kata setiap emak-emak tiap kali anaknya dapat duit lebaran," demikian bunyi cuitan Sefir Senduk yang dibagikan melalui akun Instagram @sefirsenduk.

Dia lantas menambahkan keterangan di bawah unggahan foto tersebut, "Dan inilah saat pertama kali dalam hidupnya anak mengenal investasi bodong."

Unggahan Sefir Senduk lantas mendapat beragam reaksi dari pengguna Instagram. Beberapa turut mengakui dana THR anak yang dititipkan justru menguap dibelanjakan hal lain. Beberapa pengguna juga membagikan pengalaman dan tips mengelola uang THR anak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Orias, Mirza Adityaswara, sampai Inarno! Ini Calon Bos OJK


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading