Jadi! Pertamina Geothermal Bakal Melantai di Bursa Tahun Ini

Market - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
10 May 2022 16:10
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). (Dok. PGE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan anak usaha Pertamina yakni PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk melantai ke bursa saham (Initial Public Offering/ IPO) pada tahun 2022 ini.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah mengupayakan agar IPO PGE pada tahun ini dapat direalisasikan. Namun demikian, ia tak merinci secara detail kapan rencana tersebut dilakukan.

"Kalau Geothermal itu kita akan lakukan saat ini adalah berencana untuk bisa melakukan IPO. Rencananya akan dilakukan pada tahun ini dan setelahnya melihat ulang untuk membentuk holding," kata Pahala saat ditemui di Jakarta, Senin malam (9/5/2022).


Menurut Pahala, penawaran saham ke publik ini ditujukan guna meningkatkan transparansi kinerja PGE ke dapan. Selain itu, juga untuk tambahan investasi sembari melakukan pencairan mitra strategis yang ingin masuk dalam transaksi IPO.

Sebelumnya, Pahala menyebut target dana yang terkumpul dari IPO ini bisa mencapai US$ 400 juta hingga US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,15 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per US$).

Menurutnya rencana IPO ini guna mengembangkan bisnis panas bumi, khususnya Pertamina dan Indonesia secara umum. Seperti diketahui, sumber daya panas bumi Indonesia merupakan terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Hingga akhir 2020, Amerika Serikat menduduki peringkat nomor wahid untuk sumber daya panas bumi yakni mencapai 30.000 Mega Watt (MW). Sementara Indonesia memiliki sumber daya panas bumi 23.965 MW.

Namun sayangnya, pemanfaatan panas bumi yang dikelola menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia baru sebesar 2.130,7 Mega Watt (MW) hingga akhir 2020 atau baru sebesar 8,9% dari total sumber daya panas bumi yang ada di Tanah Air.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Resto Raa Cha Mau IPO, Ini Profil dan Penggunaan Dananya


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading