5 Profesi yang Masuk Sasaran Perluasan Layanan BP Jamsostek

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
28 April 2022 15:10
BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta, CNBC Indonesia - BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek akan fokus memperluas layanan untuk 5 sektor tenaga kerja sepanjang 2022. Kelima sektor pekerjaan yang menjadi target adalah ASN, guru dan tenaga pendidikan, pekerja transportasi, petani & nelayan, serta pekerja rentan.

Hingga Maret 2022, mayoritas target perluasan kepesertaan dari lima sektor utama di atas sudah dicapai BPJS Ketenagakerjaan. Pada ASN misalnya, target perluasan layanan sudah tercapai 87% dari estimasi awal sebesar 3,5 juta peserta baru hingga akhir 2022.

"Kemudian guru dan tenaga pendidikan, realisasinya 40%, pekerja transportasi 42%, petani & nelayan 29%, dan juga pekerja rentan," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, Kamis (28/4/2022).


Untuk mencapai target perluasan program jaminan sosial ke lima segmen pekerja itu, BPJS Ketenagakerjaan akan mengintensifkan kolaborasi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Perusahaan juga bekerja sama dengan Kemendagri memastikan agar pemerintah daerah sudah memiliki anggaran khusus untuk program BPJamsostek.

"Pembayaran autodebet bulanan kami tingkatkan. Kolaborasi dengan fintech, perbankan,merchant onlinedan KUR juga adalah cara kami tingkatkan lima fokus kerja ini," katanya.

Direktur Kepesertaan BPJamsostek Zainudin berkata, saat ini perusahaan akan mengalihkan fokus perluasan program jaminan sosial ke pekerja non-formal dan tenaga honorer. BPJS Ketenagakerjaan juga akan mencoba memperluas cakupan program hingga tingkat Desa dan RT/RW.

Ada tiga strategi perusahaan dalam rangka intensifikasi dan ekstensifikasi peserta program jaminan sosial. Pertama, BPJS Ketenagakerjaan akan meningkatkan kolaborasi dengan mitra, pemda dan pemerintah pusat, serta asosiasi pengusaha, buruh, dan komunitas informal.

"Kami juga mengeksplor ekosistem pemberi kerja eksisting. Kedua, kami eksplor rantai pasoknya grup-grup besar ini. Ketiga, bagaimana kami beri kemudahan untuk daftar dan bayar. Kemudahan ini salah satu inisiatifnya melalui JMO dan skema partnership keagenan baik perbankan, non-bank, dan agen kami sendiri yang namanya Perisai," kata Zainudin.


[Gambas:Video CNBC]

(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading