Tak Laku, Aset Tommy Soeharto Bakal Dilelang Sri Mulyani Lagi

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
27 April 2022 12:18
Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto membangun lapangan golf di atas lahan seluas 120 Hektar di kawasan Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor. (M. Sholihin/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan kembali menjadwalkan lelang untuk aset milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Waktunya akan dibahas kemudian.

Lelang ulang ini akan dilakukan untuk ketiga kalinya setelah lelang pertama di Januari dan kedua di April ini, aset tersebut tak kunjung laku.


"Selanjutnya sebagai upaya pengembalian utang kepada negara atas nama PT TPN dapat segera terealisasi, DJKN melalui KPKNL Jakarta V akan menjadwalkan kembali lelang atas keempat aset jaminan tersebut," ujar Direktur Hukum dan Humas DJKN Kemenkeu, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Rabu (27/4/2022).

Adapun keempat aset Tommy yang dilelang adalah, Pertama, tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Kedua, tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

Ketiga, tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Sebelumnya, untuk proses lelang ulang ketiga kalinya ini, pemerintah berencana untuk memecah penjualan aset. Ini diharapkan agar nilai jual atau jaminan yang diberikan tak setinggi saat ini.

Namun, skema penjualan lelang terpisah per aset ini masih terus dalam pembahasan dan belum difinalkan.

"Jadi yang disampaikan (penjualan aset terpisah atau satuan) itu juga sedang kita pikirkan," ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban dalam media briefing, Jumat 8 April lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Laku, Aset Tommy Soeharto Dilelang Ulang Sri Mulyani!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading