Aset Tommy Soeharto Tak Laku Dilelang Meski Sudah Ada Diskon

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
27 April 2022 11:10
Tommy Soeharto

Jakarta, CNBC Indonesia - Aset milik Hutoma Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang dilelang untuk kedua kalinya, kembali tak laku. Ini terlihat dengan tidak adanya peserta yang menyampaikan minatnya kepada DJKN.

Dimana proses lelang kedua aset Tommy yang disita pemerintah terkait kasus BLBI dilakukan hari ini pukul 10.00 WIB. Namun, tidak ada yang melakukan penawaran hingga waktu yang ditentukan.


Adapun batas pendaftaran dan penyampaian penyetoran uang jaminan sebagai tanda minat ikut lelang adalah sehari sebelum pelaksanaan lelang.

"Maka lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan Tidak Ada Peminat (TAP)," ujar Direktur Hukum dan Humas DJKN, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Rabu (27/4/2022).

Padahal dalam lelang ulang ini pemerintah telah menurunkan nilai jual aset dan juga jaminannya. Nilai aset yang sebelumnya Rp 2,425 triliun hampir Rp 300 miliar menjadi Rp 2,151 triliun.

Begitu juga nilai limit jaminan yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 1 triliun menjadi Rp 430 miliar. Namun, tetap saja tak ada yang membeli empat aset Tommy yang di lelang tersebut.

Sehingga, DJKN akan kembali melaksanakan lelang ulang terhadap aset tersebut. Untuk jadwal pastinya masih akan dibahas oleh Kemenkeu bersama Satgas BLBI.

"Selanjutnya sebagai upaya pengembalian utang kepada negara atas nama PT TPN dapat segera terealisasi, DJKN melalui KPKNL Jakarta V akan menjadwalkan kembali lelang atas keempat aset jaminan tersebut," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aset Tommy Soeharto Dilelang Lagi, Harga Turun Jadi Rp2,1 T!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading