Tidak Pro UMKM, Erick Sebut Direksi BUMN Bisa Dicopot!

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
25 April 2022 14:10
Menteri BUMN Erick Thohir pada acara Launching Rekrutmen Bersama BUMN 2022 (Tangakapan Layar Youtube BUMN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan komitmen sangat penting pada masa seperti, termasuk untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Apalagi BUMN dan direksi BUMN sudah memiliki komitmen tersebut sejak tahun lalu, untuk membantu stabilitas ekonomi di masa pandemi seperti ini.

"Direksi BUMN harus menjalankan sebaik-baiknya dan mohon maaf tidak ada maksud apa-apa, perintahnya jelas, yang tidak komit boleh dicopot," tegas Erick dalam acara Aksi Afiliasi Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia, Senin (25/4/2022).

Apalagi permintaan keseriusan komitmen ini bukan hanya datang dari Erick, namun juga langsung oleh Presiden Joko Widodo. Bukan cuma itu, pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pariwisata, dan Menteri Koperasi juga sudah mengingatkan.



"Tadi sudah disampaikan bahwa penting sekali punya komitmen bersama, Pak sandi sudah sampaikan jangan cuma kontrak, tapi juga bayarnya. Bayarnya suka jadi problem, saya sering mendapatkan pengadukan, kontrak ada, barang sudah dikirim, bayarnya lama," jelas Erick.

Menurut Erick hal ini tidak boleh terus terulang, apalagi apabila tender di bawah Rp 400 juga dan bekerja sama dengan UMKM. Semenjak 17 Agustus 2020, kerja sama ini sudah melibatkan 15.000 UMKM dengan nilai transaksi mencapai Rp 20 triliun.

"Kita harus pastikan pertumbuhan ekonomi berjalan baik, inflasi kita tekan. Saya meminta dan memastikans sesuai Instruksi Presiden, Direksi BUMN harus menjalankan sebaik-baiknya," pungkas Erick.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Erick Thohir: Awas... Indonesia Bisa Bernasib Seperti Brasil!


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading