Elon Musk Tuduh Bill Gates Lakukan Short Sell Saham Tesla

Market - chd, CNBC Indonesia
25 April 2022 12:40
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Tesla, yakni Elon Musk menuduh salah satu pendiri Microsoft, yakni Bill Gates melakukan transaksi short sell saham Tesla.

Dalam sebuah tweet pribadinya pada Jumat lalu, Musk pun bertanya kepada Gates apakah dia benar-benar melakukan short-selling saham Tesla.

"Saya mendengar dari banyak orang di TED bahwa Gates masih memiliki kekurangan setengah miliar untuk Tesla, itulah sebabnya saya bertanya kepadanya, jadi itu bukan rahasia besar," kata Musk melalui cuitan di Twitternya.


Sebagai informasi, short selling merupakan bentuk transaksi yang digunakan investor dengan meminjam dana untuk melakukan penjualan saham yang belum dimiliki dengan harga tinggi dengan harapan bisa membeli pada saat harga sahamnya turun.

Dia menanggapi pertanyaan pengguna Twitter tentang apakah tangkapan layar dari percakapan teks yang seharusnya antara dua miliarder itu nyata.

Tesla pun memberikan tanggapan kepada salah satu pengguna Twitter.

"Ya, tapi saya tidak membocorkannya ke The New York Times (NYT). Mereka pasti mendapatkannya melalui teman-teman dari teman-temannya."

Akun yang menanyakan tentang pesan teks tersebut yakni @wholemarsblog, sangat mempromosikan Tesla dan Elon Musk, dan merupakan salah satu dari sedikit kontak yang paling banyak berinteraksi dengan Musk di Twitter.

Orang yang menjalankan @wholemarsblog yaitu Omar Qazi, seorang terdakwa bersama dengan Elon Musk dalam gugatan pencemaran nama baik dan pelecehan yang diajukan oleh Aaron Greenspan, pendiri database catatan publik Plainsite, yang juga telah melakukan short selling Tesla dan menjadi kritikus vokal Elon Musk.

Dalam pertukaran teks, yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh CNBC, Musk bertanya kepada Gates.

"Apakah Anda masih memiliki posisi short setengah miliar dolar terhadap Tesla?"

"Maaf untuk mengatakan bahwa saya belum menutupnya. Saya ingin mendiskusikan kemungkinan filantropi," jawab Gates.

"Maaf, saya tidak dapat menganggap serius filantropi Anda tentang perubahan iklim ketika Anda memiliki posisi pendek yang besar terhadap Tesla, perusahaan yang melakukan yang terbaik untuk mengatasi perubahan iklim," balas Musk lagi.

Namun, NYT belum melaporkan transaksi Gates di saham Tesla, atau pesan teks yang dirujuk dalam tweet @wholemarsblog.

Bahkan, seorang juru bicara Bill Gates tidak segera dapat dimintai komentar ketika dihubungi oleh CNBC.

Ironisnya, pada tahun lalu, Gates mengatakan kepada penulis opini di New York Times, Kara Swisher terkait kontribusi Tesla terhadap perubahan iklim dunia.

"Penting untuk mengatakan bahwa apa yang dilakukan Elon dengan Tesla adalah salah satu kontribusi terbesar terhadap perubahan iklim yang pernah dibuat siapa pun. Dan Anda tahu, meremehkan Elon bukanlah ide yang bagus," kata Gates saat itu.

Tetapi dia melanjutkan dengan menambahkan bahwa apa yang dilakukan Tesla adalah "hal-hal yang mudah, seperti mobil penumpang." Gates menekankan perlunya membuat dampak yang lebih besar pada perubahan iklim dengan menangani industri lain.

"Kami pada dasarnya tidak melakukan cukup banyak pada hal-hal yang sulit seperti baja, semen, dan daging. Dan sayangnya, hal-hal yang dipikirkan orang seperti mobil penumpang bertenaga listrikadalah sepertiga dari masalah. Jadi kami harus bekerja pada dua pertiganya," kata Gates.

Hal ini Ini bukan pertama kalinya kedua pria berpengaruh itu berselisih di depan umum.

Ketika Gates mengungkapkan pada tahun 2020 bahwa ia membeli sendiri Porsche Taycan all-electric, seorang pengguna Twitter pun bertanya, "Saya bertanya-tanya mengapa Bill Gates memutuskan untuk menggunakan Taycan daripada Tesla."

Musk pun terus merespons dengan rasa kecewa terhadap percakapannya dengan Gates.

"Sejujurnya, percakapan saya dengan Gates sangat mengecewakan," kata Musk.

Sebelum saat ini, Musk pun sebelumnya sempat berspekulasi bahwa Gates melakukan transaksi short selling Tesla.

Ketika ditanya tentang komentar itu dan apakah dia kekurangan saham Tesla, Gates mengatakan kepada CNBC pada tahun lalu.

"Saya tidak berbicara tentang investasi saya, tetapi saya pikir dia harus sangat bangga dengan apa yang telah dia lakukan," jawab Gates ketika di tanya oleh CNBC.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada yang Mau? Elon Musk Bagi-bagi Saham Tesla Rp 81 T


(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading