Dugaan Korupsi Minyak Goreng

Intip Kekayaan Bos Wilmar Group, Martua Sitorus

Market - Petrik Matanasi, CNBC Indonesia
20 April 2022 16:35
Martua Sitorus. (Dok. Forbes.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Martua Sitorus belakangan mencuri perhatian. Ia merupakan salah satu konglomerat paling tajir di Indonesia.

Per akhir tahun lalu, Martua memiliki kekayaan bersih senilai US$ 2,85 miliar atau setara Rp 40,75 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.300 per US$.

Nilai tersebut menjadikan Martua Sitorus sebagai orang terkaya ke-14 di Indonesia. Nilai ini puka yang menenmpatkannya sebagai orang terkaya dunia urutan 1.029 versi Forbes.


Pundi-pundi kekayaannya berasal dari Wilmar Group. Entitas ini fokus pada bisnis perkebunan kelapa sawit hingga produk turunannya.

Martua Sitorus terlahir sebagai Thio Seng Hap di Pematangsiantar, Sumatra Utara pada 6 Februari 1960. Dia pernah bersekolah di SMA Budi Mulia Pematangsiantar.

Kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas HKBPNomensen, Medan. Pria berkebangsaan Indonesia yang tinggal di Singapura ini berdagang sejak muda 

hingga akhrinya mendirikan Wilmar Group.

Salah satu anak usahanya, PT Wilmar Nabati Indonesia terseret dalam kasus dugaan korupsi minyak goreng. Selasa kemarin (19/4/2022), Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan korupsi minyak goreng.

Tiga di antaranya adalah pihak pelaku usaha termasuk melibatkan nama perusahaan besar seperti Wilmar. Nama besar Wilmar mengingatkan publik dengan nama besar Martua Sitorus. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dia Konglomerat RI yang Kaya Raya dari Minyak Goreng


(pmt/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading