Tersangka Kasus Ditangkap, Kapan Harga Minyak Goreng Turun?

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
21 April 2022 12:20
Harga minyak goreng di Alfamart Ciapus, Bogor (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka dugaan korupsi penyelewengan fasilitas ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/ CPO). Hal ini namun belum berdampak pada harga jual minyak goreng di pasar.

Salah satu tersangka kasus terkait migor adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardana. Selain itu, ada tiga tersangka lainnya, yakni MPT selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, SMA selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup (PHG) dan PT selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas.

Penetapan tersangka ini ternyata belum berdampak banyak terhadap pergerakan harga minyak goreng. Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia di salah satu minimarket di Taman Sari, Kabupaten Bogor, harga minyak goreng masih konsisten berada di kisaran Rp 50 ribu/2 liter. Ada yang lebih rendah, namun ada juga yang lebih tinggi.


Harga minyak goreng Tropical terpantau paling mahal dengan harga Rp 51,9 ribu/2 liter, kemudian merk yang terpantau baru muncul di pasaran yakni Fitri juga di atas Rp 50 ribu per liter.

Sementara itu merek Fortune harganya Rp 48,7 ribu/2 liter dan Sovia dibanderol Rp 48,5 ribu/2 liter. Price tag Bimoli juga muncul di etalase, sebesar Rp 24,6 ribu/liter. Namun barangnya tidak tampak tersedia.

Padahal, stok minyak goreng saat ini sudah jauh lebih mencukupi dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini terjadi karena pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk menormalisasi pasokan dan harga minyak goreng.

Upaya pemerintah antara lain melalui beragam kebijakan seperti penetapan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah dan subsidi ke produsen. Namun, Presiden Jokowi berkata, di pasar-pasar minyak curah banyak yang dijual belum sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

"Meskipun pemerintah telah memberikan subsidi BLT Minyak Goreng, saya berharap harga minyak goreng yang saat ini tinggi bisa kembali mendekati normal," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Minyak Goreng Kapan Turun? Harga CPO Melandai Nih...


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading