Selamat Driver Gojek! Cuan Rp 40 Miliar dari GOTO Kemarin

Market - Putra, CNBC Indonesia
12 April 2022 07:15
Drektur Utama/ Chief Executive Officer/Co-founder PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Andre Soelistyo Saat Konferensi Pers Pencatatan Perdana Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham perusahaan rintisan (startup) decacorn (valuasi lebih dari US$ 10 miliar) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi ditransaksikan di pasar modal Tanah Air kemarin, Senin (11/4/2022).

GoTo yang melepas sebanyak 40.615.056.000 sahamnya dengan harga jual Rp 338/unit berhasil meraup pendanaan sebesar Rp 13,7 triliun. Nilai kapitalisasi pasar GOTO bahkan mencapai Rp 400 triliun dan masuk jajaran top 4 perusahaan publik dengan market cap terbesar di Indonesia.

Hal menarik dari proses penawaran umum (IPO) saham GOTO adalah perusahaan mengalokasikan saham untuk mitra driver dan pedagang di ekosistemnya senilai Rp 310 miliar lewat Program Saham Gotong Royong.


Program Saham Gotong Royong adalah cara GOTO memberikan saham secara cuma-cuma kepada seluruh mitra pengemudi setia dan yang memenuhi syarat di Indonesia.

GOTO memastikan, hampir seluruh mitra pengemudi aktif di Indonesia berkesempatan mengikuti program ini. Pengemudi yang telah terdaftar sebagai mitra sejak 2010 - 2016 berkesempatan menerima 4.000 lembar saham seri A GoTo.

Lewat Program Saham Gotong Royong tersebut artinya setiap pengemudi atau driver Gojek berhak mendapatkan saham GOTO senilai Rp 1.552.000.

Sedangkan mitra driver Gojek yang bergabung di atas tahun 2017 akan mendapat saham sebanyak 1.000 lembar atau senilai Rp 338.000.

Pada perdagangan kemarin, harga saham GOTO ditutup menguat 13,02% ke level Rp 382/saham. Dari dana alokasi yang diberikan oleh GOTO untuk program kepemilikan saham ini sebesar Rp 310 miliar, maka nilainya kini menjadi Rp 350,4 miliar. Ada selisih margin Rp 40 miliar yang menjadi cuan para mitra driver.

Presiden Joko Widodo(Jokowi) secara online sempat memberikan ucapan selamat atas tercatatnya saham decacorn terbesar milik Indonesia ini.

Jokowi mengapresiasi pemberian saham kepada mitra driver Gojek, melalui Program Saham Gotong Royong.

Program tersebut langsung disambut baik oleh Presiden Joko Widodo yang menyampaikan ucapan selamat secara daring.

"Saya menyampaikan selamat atas terlaksananya IPO kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia. Saya juga mengapresiasi program saham gotong royong yang inklusif dan membuka ratusan ribu akses mitra driver, mitra UMKM dan konsumen," ujar Jokowi.

Jokowi berharap pencatatan saham GoTo bisa menjadi motivasi anak-anak muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi lompatan kemajuan ekonomi negara.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

GoTo, Pemegang Saham Publik yang Turut Menjadi 'Publik'


(trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading