Jokowi Ingatkan Soal Bagi-bagi Saham GoTo untuk Driver Gojek

Market - Lalu Rahardian, CNBC Indonesia
11 April 2022 13:35
Pencatatan Perdana Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/4/2022).. (dok. GoTo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi tercatat (listing) di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Senin (11/4). Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara online sempat memberikan ucapan selamat atas tercatatnya saham decacorn terbesar milik Indonesia ini. 

Jokowi mengapresiasi pemberian saham kepada mitra driver Gojek, melalui Program Saham Gotong Royong. 

Program tersebut langsung disambut baik oleh Presiden Joko Widodo yang menyampaikan ucapan selamat secara daring.


"Saya menyampaikan selamat atas terlaksananya IPO kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia. Saya juga mengapresiasi program saham gotong royong yang inklusif dan membuka ratusan ribu akses mitra driver, mitra UMKM dan konsumen," ujar Jokowi.

Jokowi berharap pencatatan saham GoTo bisa menjadi motivasi anak-anak muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi lompatan kemajuan ekonomi negara.

Emiten berkode GOTO itu melantai dengan skema penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). 

Saat resmi diperdagangkan di BEI, saham GoTo langsung melesat di awal perdagangan.

Pada pukul 9:12 WIB GoTo loncat 14,20% di level harga Rp 386/unit. Bahkan GOTO sempat melesat hampir menyentuh level ARA setelah naik 23% ke level tertinggi harinya di angka Rp 416/unit.

"Saya mewakili rekan saya sangat bahagia dan bangga sekali, perusahaan kami akan menjadi perusahaan publik. Ini menjadi mimpi 11 tahun lalu," kata CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Andre Soelistyo dalam Pencatatan Perdana Saham di Jakarta, Senin (11/4).

Saham GoTo dijual dengan dengan harga Rp388 per unit yang mencerminkan kapitalisasi pasar sebesar US$28 miliar atau setara Rp400 triliun. Total jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 1.184.363.929.502 saham.

Sebanyak 40.615.056.000 saham di antaranya merupakan saham penawaran umum kepada masyarakat. Dari penawaran umum tersebut, GoTo meraih dana segar Rp13,7 triliun.

Mitra driver dan merchant juga akan kecipratan saham perusahaan teknologi terbesar di Tanah Air tersebut. Masing-masing driver dan merchant akan mendapatkan saham antara 1.000 hingga 4.000 lembar saham.

Turut hadir dalam seremoni tersebut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

GoTo IPO Jaga Harga Saham dengan Greenshoe, Apa Itu?


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading