Perluas Ekosistem Digital, Bank Aladin Gandeng ZA Tech

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
06 April 2022 16:05
Seremoni PT Bank Aladin Syariah & ZA Tech ‘One Unity: Enhancing Indonesia Digital Ecosystem

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) resmi menjalani kerja sama strategis dengan perusahaan teknologi asuransi ZA Tech sebagai mitra bisnis, sekaligus sebagai investor untuk memperkuat ekosistem Bank Aladin.

Presiden Direktur Bank Aladin Syariah, Dyota Marsudi mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk mencapai dan memastikan layanan serta produk keuangan digital dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi UMKM dan masyarakat yang belum tersentuh oleh perbankan tradisional atau bahkan asuransi tradisional. Kolaborasi ini juga menjadi komitmen perusahaan untuk mendukung transformasi digital perusahaan asuransi serta mempercepat adopsi InsurTech di Indonesia.

"Kami akan bekerja bahu membahu untuk memastikan layanan dan produk keuangan terbaik di kelasnya dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia," ujar Dyota dalam acara Seremoni PT Bank Aladin Syariah & ZA Tech 'One Unity: Enhancing Indonesia Digital Ecosystem, Rabu (6/4/2022).


Dia mengharapkan Bank Aladin Syariah tidak hanya menawarkan layanan perbankan seperti deposito, pinjaman, maupun membuat rekening secara digital. Lebih dari itu, Bank Aladin ingin memberikan akses asuransi digital kepada masyarakat, seperti asuransi pinjaman, asuransi kesehatan, asuransi hidup, dan lain sebagainya.

"Intinya, semua yang kita pikirkan itu bisa menambah nilai dan intinya melindungi segmen pelanggan kita dari hal-hal yang tidak direncanakan," tambahnya.

Sementara itu, General Manager ZA Tech Southeast Asia, Young Yang menuturkan bahwa pihaknya melihat pasar Indonesia sebagai pasar yang sangat unik. Untuk itu, ZA Tech selalu bekerja sama dengan mitra yang tepat seperti Bank Aladin Syariah yang memiliki visi dan misi yang sama untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memanfaatkan teknologi.

"Dan hari ini sebenarnya bukan titik awal untuk kemitraan ini. Karena bahkan sebelum pengumuman ini, kami sudah bekerja dengan Bank Aladin Syariah untuk beberapa proyek selama sekitar satu tahun. Dan kami percaya hari ini hanyalah tonggak sejarah besar bahwa kedua belah pihak akan memiliki kemitraan yang lebih besar untuk meningkatkan asuransi yang mudah diakses," jelas Yang.

Dia menambahkan dengan menjadi investor di Bank Aladin akan mendukung aspirasi ZA Tech untuk berbisnis di Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan pengalaman perusahaan dalam memberdayakan ekosistem asuransi digital.

"Kami percaya bahwa investasi ini akan memfasilitasi Bank Aladin untuk mendemokratisasikan literasi keuangan, terutama untuk segmen underbanked, serta memperluas jejaknya sebagai bank digital yang mengedepankan prinsip syariah," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saham Bank Digital, Cocoknya Investasi atau Trading?


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading