Pacu Inovasi Dekarbonisasi, PTBA Gelar Kompetisi BAIA 2022

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
23 March 2022 15:27
Gedung PTBA.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kembali mengadakan kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 (BAIA 2022) Greenovator pada 22 Maret 2022. Acara yang dilakukan setiap dua ini, bertujuan melahirkan inovasi-inovasi teknologi dekarbonisasi di bidang pertambangan, khususnya batu bara.

Adapun tema kompetisi tahun ini yakni dekarbonisasi dan dibuka dibuka bagi masyarakat luas mulai dari perguruan tinggi, perusahaan rintisan (startup), lembaga penelitian.

Direktur Bukit Asam Arsal Ismail mengatakan secara aktif mendorong putra-putri terbaik bangsa, inovator, peneliti, dan pencinta lingkungan untuk turut ambil bagian dalam BAIA 2022 Greenovator.


"Bersama tumbuhkan kreativitas dan inovasi untuk mewujudkan bumi yang lebih hijau," ujar Arsal dalam keterangan tertulis, Rabu (23/3/2022).

Pendaftaran kompetisi BAIA 2022 sendiri dapat dilakukan secara daring selama periode April-Agustus 2022 melalui greenovator.ptba.co.id.

Adapun untuk inovasi dapat diajukan dalam 2 kategori, yakni CCUS yang mencakup karya inovasi pada proses post-combustion pada aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan pabrik pasifikasi, serta reduksi karbon yang berkaitan pada aktivitas pertambangan batu bara.

Setelah peserta melakukan pendaftaran dan mengajukan proposal inovasi, tim dan dewan juri akan melakukan penilaian terhadap proposal inovasi yang diajukan. Peserta dengan karya inovasi terbaik akan diundang melakukan presentasi dan pengujian hasil inovasi di hadapan dewan juri.

Pemenang kompetisi BAIA 2022 akan ditetapkan dan diberikan penghargaan, serta hasil karya inovasinya akan didaftarkan menjadi Hak Kekayaan Intelektual Bersama antara peserta dengan Bukit Asam.

"Semoga kiranya rangkaian BAIA 2022 Greenovator berjalan dengan lancar. Kami berharap kegiatan ini dapat menyelaraskan kebutuhan industri dengan aktivitas penelitian dan pengembangan sehingga menghasilkan inovasi yang dapat diimplementasikan untuk mencapai dekarbonisasi," tutup Arsal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukit Asam Perkuat Akselerasi Proyek Angkutan Batu Bara


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading