Economic Outlook 2022

Tangan Dingin Erick Angkat Market Cap Telkom Rekor Tertinggi

Market - Lalu Rahardian, CNBC Indonesia
22 March 2022 12:10
Menteri BUMN Erick Thohir (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Posisi PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) sebagai salah satu emiten BUMN dengan kapitalisasi pasar atawa market cap yang tak tergoyahkan. Posisi ini tak lepas dari tangan dingin Menteri BUMN Erick Thohir.

"Dulu, saya dimarahi banyak pihak, kok, menteri bicara Telkom sunset. tapi, sekarang dibuktikan dengan harga saham Telkom terbesar sepanjang sejarah," ujar Erick dalam kegiatan CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

TLKM saat ini memiliki market cap Rp 451 triliun. Selain menempati posisi tiga terbesar setelah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), market cap TLKM menyumbang 5,2% market cap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).


Posisi itu tercapai setelah Erick mengembalikan TLKM ke segmen business to business (B2B). Sehingga, TLKM bisa investasi di infrastruktur yang mendukung ekonomi digital. Bukan hanya 5G, tapi juga 6G ketika banyak negara sudah mulai membicarakan teknologi ini.

"Kemudian kita bicara cloud, data center, ini tak bisa bergantung ke pemerintah karena pemerintah punya program bagaimana wifi masuk desa. Artinya, kita harus kontribusi bersama karena itu kami harus hitung secara korporasi," terang Erick.

Setelah itu, lanjut Erick, barulah pembicaraan masuk ranah Telkomsel untuk B2C. Sebab, sangat disayangkan kalau kreator konten lokal tidak dipayungi.

"Sedangkan startup -nya, pasarnya di sini, kita harus dorong orang kita. Saya ingatkan startup yang didukung harus buka lapangan kerja jangan di negara lain. Kita harus bangun ekosistem kita dan negara lain ikut kita," tutur Erick.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dear Pengusaha, Erick Thohir Mau Jual BUMN Ini, Minat Nggak?


(dhf/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading