Economic Outlook 2022

Erick: BUMN Sudah Investasi di 157 Startup RI

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
22 March 2022 11:45
Menteri BUMN Erick Thohir (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pendanaan startup yang dilakukan melalui Merah Putih Fund adalah juga demi mematahkan pemikiran bahwa startup hanya diinvestasi oleh asing. 

"Kami luncurkan Merah Putih Fund ini mengintervensi yang selama ini ada pemikiran startup hanya diinvestasi asing. Kita coba balance dengan ini yaitu kita masuk ke sunicorn yang valuasinya sudah mulai membesar dan founder-nya harus orang Indonesia, perusahaan di Indonesia dan go public di sini," ujarnya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

"Startup sudah 157 diinvestasikan BUMN melalui Telkom, Mandiri Capital, BRI dan lain-lain. Ini akan kami dorong naik kelasnya ke Merah Putih Fund dan kalau sudah unicorn kami minta masuk ke INA. Ini yang kami lihat mengenai hal digital economy."


Terkait INA (The Indonesia Investment Authority) sendiri, yang merupakan sovereign wealth fund Indonesia, Erick mengatakan ini juga untuk hasil pemikiran sesuai pesan Presiden Jokowi, BUMN kolaborasi dengan Kementerian Keuangan melahirkan INA. 

"Kebetulan Bu Sri Mulyani dan saya Dewan Pengawasnya. Selama ini banyak pihak ribut utang dibangun untuk infrastruktur. Ini jawabannya. Sekarang kami bangun infrastruktur dengan investasi dan dipercaya banyak negara dari UAE, Eropa, Amerika Serikat karena melihat potensi infrastruktur di Indonesia harus dibangun. Dan ini investasi melalui equity tidak lagi dengan utang," paparnya. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pantas Saja 3 BUMN Ini Dibubarkan, Sudah Begini Kondisinya


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading