Manajemen Medco Group: Terima Kasih Bapak Arifin Panigoro!

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
28 February 2022 08:05
Arifin Panigoro (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Medco Group Arifin Panigoro meninggal dunia pada Senin (28/2/2022) di Mayo Clinic, Rochester, Minneapolis, Amerika Serikat (AS).

Arifin Panigoro menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit setempat.


Arifin Panigoro yang lahir pada 14 Maret 1945 di Bandung merupakan pendiri dan pemilik Medco Group yaitu perusahaan energi dan pertambangan yang berdiri sejak 1980 di Indonesia.

Selama hidupnya, Arifin Panigoro juga telah berkiprah diberbagai bidang untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Kami keluarga besar Bapak Arifin Panigoro dan Medco Group berterima kasih atas bantuan dari semua pihak dan pekerja atas dukungan dan doa selama beliau dirawat. Mohon dimaafkan apabila ada kekhilafan selama beliau beraktivitas selama ini," ujar Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro dalam keterangan resmi, Senin (28/2/2022).

Sebagai informasi, selama memimpin Medco Energi Internasional, Arifin membuktikan bahwa pengusaha Indonesia bisa memiliki dan mengelola perusahaan minyak bumi dengan kualitas yang tak kalah dibanding korporasi asing.

Keberhasilan Arifin membangun Medco Energi pada 1980 silam diikuti langkahnya mengakuisisi berbagai blok migas internasional di Indonesia.

Pada 1994 silam, Arifin membawa perusahaan yang didirikan melantai di Bursa. Kehebatannya mengelola Medco Energi membuat banyak orang menjululi Arifin sebagai 'Raja Minyak dari Gorontalo'.

Di bawah pimpinan Arifin, Medco Energi juga berhasil mengakuisisi perusahaan tambang Newmont dan blok migas di Natuna dari ConocoPhillips pada 2016 silam.

Selain dikenal sebagai pebisnis ulung, pria kelahiran 14 Maret 1945 ini juga sempat menjadi anggota PDI Perjuangan pada kurun 1999 - 2005. Arifiin sempat menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI pada 2022 - 2003. Setelahnya, Arifin dan beberapa temannya mendirikan partai sendiri bernama Partai Demokrasi Pembaruan.

Karena kepiawaiannya dalam berbisnis, lulusan Teknik Elektro ITB ini mendapat pengahrgaan Doktor Kehormatan di Bidnag Technopreneurship dari almamaternya pada 2010 silam. Selain itu, Arifin juga meraih penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden RI pada 2019 silam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Arifin Panigoro, Sang Raja Minyak dari Gorontalo Kini Tiada


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading