Jadi Tersangka Kasus Binomo, Duit Indra Kenz Banyak Dari Sini

Market - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
27 February 2022 08:31
Indra Kenz Foto: detikcom

Jakarta, CNBC Indonesia - Bareskrim Polri resmi menetapkan Influencer sekaligus afiliator Binomo yakni Indra Kenz sebagai tersangka atas kasus dugaan investasi bodong aplikasi Binomo.

Pria yang diklaim sebagai Crazy rich asal Medan itu resmi ditahan Bareskrim pada Jumat (25/2/2022) seperti diwartakan detikcom.

"Sudah ditahan," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, dikutip Minggu (27/2/2022).

Adapun Indra Kenz ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan (Jaksel) selama 20 hari ke depan.

"Iya, langsung ditahan mulai tadi dini hari tanggal 25 Februari 2022," tuturnya.

Indra Kenz yang bernama asli Indra Kesuma tersebut pun terancam hukuman penjara selama 20 tahun. Sejumlah asetnya juga disita polisi.

"Ancaman hukuman terhadap yang bersangkutan 20 tahun," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (22/2/2022) lalu.

Di tengah kabar resmi ditetapkannya Indra Kenz menjadi tersangka, banyak orang bertanya-tanya dari mana sumber kekayaan yang didapatnya sehingga menjadi crazy rich di Medan.

Hal ini juga terjadi setelah Indra Kenz membuat pernyataan bahwa miskin merupakan sebuah privilege atau hak istimewa seseorang pada awal Februari lalu.

Sumber pendapatan Indra Kenz menjadi perbincangan karena ia sering menampilkan barang mewah. Indra Kenz juga diketahui sempat membeli mobil Tesla seharga Rp 2,7 miliar lewat e-commerce hanya karena tak bisa tidur dan 'gabut'.

Dari mana sumber pendapatan Indra Kenz, berikut sumber kekayaan Indra Kenz, dikutip dari detikcom.

1. Kursus Trading

Indra Kenz memiliki website kursus pendidikan yang mengajarkan orang untuk belajar trading. Situs ini dihadirkan untuk mengajarkan trading bagi para pemula. Lewat kursus trading inilah, Indra Kenz mulai merintis berbagai bisnis lainnya. Kursus trading online tersebut dikenal dengan nama kursustrading.com.

2. Creative Agency (Disotiv)

Kekayaan Indra Kenz juga berasal dari kegiatan yang dikembangkannya. Disotiv Agency adalah agensi kreatif yang ia dirikan dengan menawarkan berbagai jasa seperti videografi, fotografi, web design, hingga production house. Di perusahaan agensi kreatif di bawah naungan PT Disotiv Citra Digital ini, Indra menjabat sebagai direktur utama.

3. Marketplace dan Ekspedisi

Tak hanya memiliki website edukasi, Indra Kenz juga merintis marketplace untuk shopping dan retail yang bernama Depatu, di mana marketplace ini menawarkan kemudahan pelayanan bagi penjual dan pembeli agar saling terhubung. Untuk pengiriman barangnya sendiri ia memiliki agen khusus miliknya.

4. Bar dan Lounge (Red Wolf Indonesia)

Crazy rich Indra Kenz akrab dengan dunia malam kota, ia juga melihat adanya peluang bisnis tentang kehidupan malam. Indra membuka bisnis Bar & Lounge yang bernama Red Wolf Indonesia, di mana bisnis ini juga menawarkan perform live musik dan juga DJ.

5. Kuliner

Seperti pada crazy rich muda Indonesia umumnya, Indra Kenz juga mempunyai bisnis kuliner, seperti kafe hingga kuliner berupa hidangan olahan mie dan menawarkan berbagai minuman kopi serta juga makanan kekinian yang banyak disukai anak generasi milenial. Selain Red Wolf Indonesia, beberapa bisnis kuliner miliknya adalah Literally Cafe dan Mie Jongkok.

6. Botxcoint

Mengutip dari detikcom, ada juga Botxcoin yang dikerjakan Indra Kenz saat awal kariernya. Digarap pada 2018, proyek kripto ini sudah tercatat dan masuk dalam listing di bursa luar negeri. Botxcoin baru meluncur di Indonesia pada 2021.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dimiskinkan, Ini Daftar Aset Indra Kenz yang Akan Disita


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading