Baru Jajal NFT, Bamsoet Cuan Rp 300 Juta

Market - Dityasa Hanin Forddanta, CNBC Indonesia
14 February 2022 16:10
Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT RI Kemerdekaan ke 75 (Tangkapan Layar Youtube DPR RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih ingat dengan insiden kecelakaan Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menjajal mobil rally bersama Sean Gelael?

Video ekslusif yang mengambil sudut dari dalam kokpit mobil ini rupanya laku terjual hampir Rp 300 juta melalui OpenSea. OpenSea adalah salah satu marketplace non fungible token (NFT) terbesar di dunia.

"Tidak diketahui dari negara mana kolektor yang mmbeli video ekslusif Ketua DPR RI ke-20 dan Ketua MPR RI tersebut," tulis caption dalam akun Instagram resmi milik pria yang juga memiliki sapaan akrab Bamsoet tersebut dikutip CNBC Indonesia, Senin (14/2/2022).


Bamsoet menyebut, sementara baru satu video yang sudah dirilis. Masih ada banyak video dan foto lagi yang akan dirilis sebagai aset digital Non-Fungible Token (NFT) di OpenSea. Namun hasil penjualan tersebut akan disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah.

"Mengingat langkah saya terjun ke dunia NFT adalah untuk menguatkan ekonomi digital Indonesia, sekaligus mendorong generasi muda memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk mendapatkan kemanfaatan ekonomi," ucap Bamsoet yang juga merupakan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini.

Asal tahu saja, NFT adalah adalah salah satu aset investasi yang termasuk ke dalam hal mata uang kripto.

NFT mulai dikenal pada tahun 2017 saat game NFT, yakni Crypto Kitties diluncurkan. Di situ, pengguna bisa bermain game dengan basis blockchain Ethereum. Mereka bisa mengadopsi, memelihara hingga memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual.

FT adalah aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT.

Pada umumnya, transaksi investasi NFT sering menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin buatan Ethereum.

NFT umumnya muncul dengan format digital, seperti JPEG, PNG, GIF dan yang lainnya. Jika Anda sudah memiliki aset NFT, Anda bisa menggunakannya untuk barang jual beli dengan baik dan bijak. Anda bisa mulai menjualnya dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tambah Rame! Platform Kripto Memburu Cuan dari Penonton NBA


(dhf/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading