Ambisi Besar YouTube Tahun Ini: NFT, Dunia Virtual Metaverse

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
11 February 2022 16:55
Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - YouTube menguraikan rencana mereka soal blockchain dan metaverse di 2022 ini. Perusahaan yang dimiliki oleh Google itu mengatakan, pengguna dapat memanfaatkan teknologi anyar untuk mengurangi penipuan di pasar seni digital yang kini kian tumbuh pesat.

YouTube juga akan menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik untuk konten khusus game.

Layanan streaming terbesar di dunia itu selama setahun terakhir telah berupaya untuk memberikan panduan yang lebih baik kepada pengguna di tengah meningkatnya persaingan dengan TikTok dari ByteDance dan Instagram.


Bulan lalu, YouTube mengatakan sedang menjajaki apa yang disebut teknologi Web3 seperti non-fungible token (NFT), yang merupakan klip video, seni, atau aset digital lainnya terkait dengan blockchain teknologi pencatatan.

YouTube mengatakan dalam postingan blog, bahwa menunjukkan bahwa itu bisa membuat proses transaksi NFT lebih aman.

Seperti yang diketahui, penjualan NFT melonjak sejak tahun lalu, tetapi kritikus banyak mengatakan bahwa NFT hanya sebuah penipuan, pencurian hak cipta dan perilaku predator lainnya.

"Kamu memberikan cara yang dapat diverifikasi bagi penggemar untuk memiliki video, foto, seni, dan bahkan pengalaman unik dari pembuat konten favorit mereka, dapat menjadi prospek yang menarik bagi pembuat konten dan audiens mereka," tulis YouTube.

YouTube juga telah memprioritaskan metaverse, sebuah elemen dari gerakan Web3 yang menggambarkan dunia virtual, di mana orang biasanya berinteraksi melalui avatar.

YouTube mengatakan ada kemungkinan pengguna untuk dapat menonton video bersama dalam metaverse. Namun demikian, secara umum untuk saat ini YouTube hanya akan fokus pada video yang terkait dengan game.

"Kami akan bekerja untuk menghadirkan lebih banyak interaksi ke permainan dan membuatnya terasa lebih hidup." kata YouTube.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Walmart Akan Kembangkan Metaverse dan Uang Kripto


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading