Inflasi AS 7,5% Bakal 'Guncang' Dunia, RI Kena Imbas?

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
12 February 2022 10:00
Alamak AS 'Kepanasan'! Inflasi 7,5%, Tertinggi Sejak 40 Tahun

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan inflasi Amerika Serikat (AS) menjadi persoalan hampir seluruh negara di dunia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga mengungkapkan kekhawatirannya, hal tersebut bisa mempengaruhi perekonomian Indonesia.

"Inflasi di AS 7% tertinggi dalam 40 tahun," ungkap Sri Mulyani dalam Webinar BRI Microfinance Outlook 2022 yang bertajuk "Boosting Economic Growth Through Ultra Micro Empowerment", Kamis (10/2/2022)


Lonjakan inflasi terjadi karena pemulihan ekonomi berjalan cepat pada negara tersebut selepas resesi karena pandemi covid-19. Apalagi AS menggelontorkan dana yang amat besar sebagai stimulus perekonomian.

Inflasi tersebut menjadi yang tertinggi sejak Februari 1982, dan kembali menguatkan ekspektasi bank sentral AS (The Fed) akan menaikan suku bunga dengan agresif di tahun ini. Banyak pihak memprediksikan ada kenaikan 50 basis poin pada Maret nanti.

"Ini akan menimbulkan respons kenaikan suku bunga makanya tapering muncul yaitu likuiditas global akan diperketat, interest rate naik dan mulai terjadi di Maret. Orang tidak lagi berspekulasi kapan, tapi berapa tinggi kenaikan suku bunga," paparnya.

Sebagai negara adidaya, kebijakan AS akan mempengaruhi pasar keuangan global. Artinya hampir seluruh negara akan terkena imbasnya. Termasuk Indonesia. Aliran modal akan mengalir kembali ke AS dan menyebabkan pelemahan pada nilai tukar.

Apabila tidak diantisipasi dengan tepat, Sri Mulyani mengungkapkan hal tersebut bisa menahan laju pemulihan ekonomi yang kini tengah berjalan.

"Ini tantangan baru pemulihan kita," pungkasnya.

Alamak AS 'Kepanasan'! Inflasi 7,5%, Tertinggi Sejak 40 TahunFoto: Infografis/Alamak AS 'Kepanasan'! Inflasi 7,5%, Tertinggi Sejak 40 Tahun/Aristya Rahadian
Alamak AS 'Kepanasan'! Inflasi 7,5%, Tertinggi Sejak 40 Tahun

RI Kudu Waspada
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading