BRI Targetkan Kredit Konsumer Tumbuh 12% di 2022

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
11 February 2022 20:37
Direktur Bisnis Konsumer BRI (BBRI) Handayani dalam Konfrensi Pers KPR BRI Virtual 2021 Vol.2. (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski di tengah pandemi Covid-19, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), mencetak laba bersih (bank only) sebesar Rp 32,21 Triliun. Tahun ini pun menetapkan target pertumbuhan yang cukup tinggi, terutama di segmen konsumer.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan pertumbuhan bisnis konsumer ditargetkan 11-12% tahun ini, dan akan disokong oleh tiga komponen utama. Tiga komponen utama yakni, KPR, Payroll loan dan Credit Card, serta digital lending.

Untuk bisa mencapai target tersebut, Handayani mendukung agar LTV untuk properti dan kendaraan bermotor bisa terus dilaksanakan pemerintah. Menurutnya, stimulus ini penting sekali dan membantu keterjangkauan masyarakat.


"Apalagi untuk LTV, di sektor perumahan masih ada gap besar yang harus diselesaikan agar kebutuhan kepemilikan rumah bisa terpenuhi. Di 2022 kami akan mempertahankan kinerja dan mencoba terus bertumbuh," jelas Handayani," kata Handayani, dalam Power Lunch, CNBC Indonesia (Jumat, 11/02/2022).

Untuk sektor KPR, BRI akan menggenjot capaian dengan terus menggelar KPR BRI Virtual Expo. Ajang Virtual Expo ini dilakukan semenjak 2020 dan karena animo yang tinggi kembali digelar pada 2021.

"Segmen KPR 2021 itu sebesar Rp7,8 triliun dan kontribusi dari expo sebesar Rp 1,7 triliun. Dengan animo yang besar, kami akan kembali menggelar demi memudahkan masyarakat pencari rumah dan juga pengembang," tegas Handayani.

BRI mencatat penyaluran KPR hingga lebih dari Rp1 triliun melalui KPR BRI Virtual Expo Vol. 2 yang berlangsung pada 15 Oktober 2021 hingga 15 Januari 2022. Di samping itu, ada lebih dari 3.000 pengajuan Kredit Pemilikan Properti dengan tingkat approval rate sebesar 97,06%.

Pengajuan tersebut dilakukan baik melalui aplikasi BRISPOT maupun e-form. Kemudian fasilitas konsultasi perbankan dan perumahan juga diikuti oleh lebih dari 2 juta peserta. Selama ini, BRI tercatat telah melayani KPR melalui 461 Kantor Cabang BRI, serta aplikasi BRISpot. Masyarakat yang ingin mengajukan KPR komersial pun tidak harus langsung datang ke kantor.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top! Saham BBRI 2 Hari Ngegas, Paling Banyak Diborong Asing


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading