META Groundbreaking Proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
11 February 2022 18:55
Proyek Makassar New Port Tahap Pertama (dok. Kemenhub) Foto: Proyek Makassar New Port Tahap Pertama (dok. Kemenhub)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui anak perusahaannya, PT Margautama Nusantara (MUN) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) Tahap I dan Tahap II pada 7 Februari 2022.

Jalan tol itu berada di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun Margautama Nusantara adalah anak usaha META yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol, yang menaungi total empat badan usaha jalan tol, salah satunya adalah PT Bintaro Serpong Damai (BSD). BSD inilah yang nanti akan membangun Jalan Akses Tol Makassar New Port Tahap I dan Tahap II. 

Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Usaha Jalan Tol. Sedangkan, pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Manajemen META menyampaikan, pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) ini sangat diperlukan untuk mendukung beroperasinya Makassar New Port (MNP), berdasarkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) pada tahun 2023, seluruh kegiatan bongkar muat peti kemas akan pindah dari pelabuhan lama ke terminal Makassar New Port.

"Sekaligus diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, sistem angkutan barang/logistik dan meningkatkan ekspor impor di Timur Indonesia," ungkap manajemen META, dalam keterbukaan informasi dikutip Jumat (11/2/2022).

Seperti diketahui, proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) akan dibangun dalam tiga tahap dengan panjang 3,2 kilometer dengan kebutuhan lahan seluas 2,74 hektare.

Proyek yang akan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk ini akan dikerjakan dalam 3 tahap.

Tahap pertama, mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. Tahap kedua, akan dibangun dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP. Tahap pertama dan kedua ini dikerjakan bersamaan. 

Sedangkan tahap ketiga, dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

SPN Terpenuhi, BUJT Harap Kenaikan Tarif Tol Tidak Ditunda


(sys/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading