Besok Terakhir! Ayo Segera Daftar Seleksi Bos OJK

Market - Redaksi, CNBC Indonesia
24 January 2022 16:55
Ilustrasi Gedung OJK

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendaftaran Seleksi Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027 sudah dibuka sejak 7 Januari 2022. Besok adalah hari terakhir pendaftaran.

Setidaknya ada tujuh posisi jabatan yang dibuka antara lain, Ketua Dewan Komisioner merangkap Anggota, Wakil Ketua DK OJK sekaligus Ketua Komite Etik merangkap Anggota DK OJK, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota.


Selanjutnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian Dana Pensiun dan Lembaga Keuangan Lainnya merangkap Anggota, Ketua Dewan Audit merangkap Anggota serta Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online. Adapun empat tahap yang akan dilaksanakan untuk seleksi terhadap calon anggota, yakni:

Tahap 1: Administrasi

Tahap 2: Penilaian makalah, rekam jejak, dan masukan masyarakat

Tahap 3: Penilaian (assessment) dan tes kesehatan

Tahap 4: Afirmasi atau wawancara

Setelah proses wawancara, Panitia Seleksi akan memilih 21 calon anggota Dewan Komisioner untuk disampaikan kepada Presiden. Dari 21 calon tersebut, Presiden akan mengajukan 14 nama kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menjalani proses uji keputusan dan kelayakan.

Lebih lanjut, setelah proses uji kepatuhan dan kelayakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, Presiden akan menetapkan tujuh calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2022-2027. Pelantikannya sendiri diharapkan dapat dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022

Lebih dua minggu pendaftaran dibuka, beberapa nama besar sempat mencuat. Namun belakangan nama-nama tersebut meredup. Panitia Seleksi DK OJK 2022-2027 yang diketuai Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak banyak bicara mengenai para calon. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Calon Komisioner Diminta Mulai Mikir Tingkatkan Kinerja OJK


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading