Pesan Megawati ke Erick: BUMN Jangan Jadi Gurita Nggak Sehat!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 January 2022 15:43
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan total aset konsolidasi holding BUMN penerbangan dan pariwisata InJourney pada tahun 2024 diperkirakan akan mencapai Rp 260 triliun.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui dirinya mendapatkan pesan dari Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Dia mengungkapkan pesan yang disampaikan oleh Mega ini berkaitan dengan bisnis BUMN, yakni berfokus pada korporasi.

"Pertama kali waktu itu saya jadi menteri, waktu itu dipanggil Bu Mega, bagaimana beliau menggambarkan bahwa BUMN itu jangan jadi gurita yang kepalanya kecil, kakinya banyak. Itu biasanya gurita nggak sehat," kata Erick dalam Dialog Kopi Tanah Air, Senin (17/2/2022).


Dia menjelaskan, pesan lainnya yang disampaikan adalah gurita yang dianggap sehat itu adalah gurita yang memiliki kepala besar dan jumlah kakinya sedikit.

"Beliau menyampaikan gurita yang sehat itu kepalanya besar, kakinya sedikit," imbuh dia.

Hal ini sesuai dengan upaya yang dilakukan Erick saat ini di BUMN untuk melakukan transformasi. Sehingga nantinya para perusahaan pelat merah ini akan bertransformasi dan membentuk ekosistemnya masing-masing sesuai dengan bisnisnya.

Transformasi memang menjadi salah satu program utama Erick di Kementerian BUMN. Merger demi merger terus dilakukan. Terbaru adalah pembentukan ID FOOD atau Holding BUMN Pangan yang dipimpin oleh RNI.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos BUMN Hati-hati! Kerja Tak Becus, Dicopot Erick Thohir


(mon/mon)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading