Harga Sawit Masih Nanjak, Tapi Awas Nanti Nyusruk!

Market - Annisa Aflaha, CNBC Indonesia
13 January 2022 11:40
Pekerja mengangkut kelapa sawit kedalam jip di Perkebunan sawit di kawasan Candali Bogor, Jawa Barat, Senin (13/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kembali naik pada perdagangan Kamis (13/1/2022). Waktu yang tepat untuk investasi?

Pada pukul 09:45 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 5.094/ton naik 1,07% dari hari kemarin dan naik 1,66% dari pekan lalu.

Ke depan, tren positif harga CPO kemungkinan bakal terhenti. Wang Tao, Analis Teknikal Reuters, memperkirakan target harga CPO ada di MYR 4.927/ton. Meski ada kesempatan untuk kembali naik ke kisaran MYR 5.082-5.220/ton dengan syarat titik resistance MYR 5.094/ton tertembus.


CPOSumber: Reuters

Proyeksi pada pagi ini menandakan para investor rasanya masih harus berhati-hati sebab harga CPO diprediksi akan terus menurun. Situasi ini bisa terjadi sebab banyak pelaku pasar yang mungkin melakukan aksi jual sehingga harga CPO menjadi terus menurun.

Dari segi fundamental, sejak akhir Desember 2021 produksi CPO asal Malaysia berkurang sebanyak 12,9% dari bulan sebelumnya. Sehingga menyebabkan kekhawatiran pasokan berkurang karena menipisnya stok Malaysia.

Ditambah lagi dengan proyeksi dari Ivy Ng kepala penelitian perkebunan di CGS-CIMB dalam laporannya memperkirakan adanya penurunan produksi CPO sebanyak 4,5% (month-to-month/mtm) menjadi 1,5 juta metrik ton hingga akhir Januari 2022.

Di sisi lain, produsen CPO terbesar asal Indonesia juga mengalami hal serupa karena curah hujan yang tinggi mengganggu produksi. Dikutip dari Forbes, Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar pada tahun 2019 dengan 58% memasok asupan dunia.

Produsen Minyak di Dunia tahun 2019Sumber: Forbes

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bersiap Nanjak, Harga Sawit Menuju Puncak!


(aaf/aaf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading