CT: Transmart Bakal Bikin Usaha Patungan Dengan Bukalapak

Market - Dityasa Hanin Forddanta, CNBC Indonesia
11 January 2022 12:13
Chairul Tanjung Bocorkan Join Venture Transmart & Bukalapak

Jakarta, CNBC Indonesia-Setelah terus menjadi perbincangan hangat, arah dari kedekatan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan Transmart milik CT Corp akhirnya terungkap.

Bukan Bukalapak yang bakal mengambilalih Transmart seperti yang diisukan selama ini. Tapi, keduanya bakal membentuk perusahaan patungan atawa joint venture (JV). "Akan dibentuk perusahaan patungan antara Bukalapak dan Transmart," ujar Ultimate Shareholder PT Allo Bank Tbk (BBHI) Chairul Tanjung, Selasa (11/01/2022).

Rencananya, Transmart bakal menguasai 55% saham JV tersebut. Sisa porsi kepemilikan saham entitas JV sebesar 45% menjadi milik Bukalapak. JV ini nanti akan fokus pada bisnis makanan segar dan grosir.


"Saat ini masih dalam proses (pendirian JV). Kami akan membangun e-commerce yang khusus bergerak pada segmen makanan segar dan grosir," terang pria yang juga memiliki sapaat akrab CT tersebut.

Mengingatkan saja, Bukalapak merupakan salah satu investor strategis yang turut ambil bagian dalam rights issue BBHI. Masuknya Bukalapak ini yang belakangan sempat memunculkan rumor jika Transmart bakal diambilalih oleh unicorn pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut.

Selain Bukalapak, investor besar yang masuk dalam rights issue adalah CT Corp, Grup Salim, Growtheum Capital Partners, Grab, Traveloka, dan Carro. BBHI memperoleh dana segar sekitar Rp 4,8 triliun melalui perhelatan ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Ambil Transmart, Ini Kemungkinan Skenario Masuknya BUKA


(dhf/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading